Hidran di Kawasan SRG, Turut Bantu Musibah Kebakaran Rumah Gadang Rajo Bagindo

PERISTIWA-544 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Muaralabuh - Pasca bencana kebakaran rumah gadang suku Kampai kaum dari Jon Irwansyah Rajo Bagindo di Kawasan Saribu Rumah Gadang Terbakar, Minggu (26/3/2023),

Ternyata yang membantu pertama memadamkan kobaran api dari musibah tersebut ada kekompakan masyarakat setempat dengan dukungan sumber air dari Hidran yang ada di sekitar lokasi kejadian.

" Jika tidak ada Hidran ini, kita pastikan api akan semakin besar dari kebakaran rumah gadang kaum Kampai ini, dan tentu akan merebak kerumah gadang lain yang ada di kawasan ini," jelas Sekna Koto Bari Irwandi Rani, S. Kom Dt. Sutan Nan Kodo

Artinya keberadaan Hidran ini sangat membantu jika terjadi kebakaran di daerah ini, apalagi keberadaan rumah gadang dan rumah lainnya di area ini sangat rapat. Apalagi kalau pemadam kebakaran yang terlambat datang ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan," jelasnya.

Menurutnya, di area kawasan Saribu Rumah Gadang Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu ini, tersebar sebanyak 20 titik hidran yang sudah terpasang, lengkap dengan peralatan yang diletakan di rumah yang dekat lokasi hidran

Masih menurut Irwandi Rani, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data atas kejadian kebakaran yang awalnya ia ketahui sekitar pukul 13.35 wib, Minggu (26/3/2023).

Data sementara, ada dua rumah gadang yang terbakar, satu diantaranya ludes terbakar, yaitu milik kaum suku Kampai dari penghulu, Jon Irwansyah Rajo Bagindo, sedangkan satu lagi masih rumah gadang dari suku Kampai yang terkena dampak kebakaran tersebut.

Selain rumah gadang juga ada dua rumah semi permanen yang terdampak akibat kebakaran tersebut, dan beberap rumah lain yang juga kena dampak kebakaran tersebut juga sedang di data.

" Kita tunggu masyarakat membantu korban kebakaran dulu. Apalagi para pemilik rumah yang terbakar maupun yang ada di sekitar rumah yang terbakar saat ini masih trauma atas kejadian," jelasnya.

Dilokasi kejadian, masyarakat saling bahu-membahu membatu memadamkan api agar tidak merebak kerumah lain yang sangat padat dilokasi kejadian itu. Terlihat juga Kalaksa BPBD, Novi Hendrik, penghulu suku Kampai yang rumah gadangnya terbakar, Jon Irwansyah Rajo Bagindo beserta Desmeldi Kampai.

Menurut Jon Irwansyah Rajo Bagindo, rumah gadang kaumnya itu ada kemenakannya Wira (50) bersama suami dan dua anaknya yang mendiami rumah gadang tersebut.

Selain itu, menurut Jon Irwansyah Rajo Bagindo ada juga kemenakannya Linda (60) yang mendiami rumah semi permanen di dekat rumah gadang tersebut yang juta tekena dampak kebakaran," tambahnya. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru