PANDEKA Inovasi Kecamatan ABTB di Lounching Wako Erman Safar

PEMERINTAHAN-407 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - PANDEKA ( Pelayanan Administrasi dan Pengaduan di Kelurahan) melalui WhatsApp di kecamatan yang merupakan program Inovasi pemerintahan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh ( ABTB ) telah dilounching Walikota Bukittinggi Erman Safar.

Menurut Camat Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi Hastine Atas Asih, Pada kesempatan itu, ada 4 kegiatan serentak yang dilaksanakan di aula kantor camat tersebut, Selasa (21/3/2023).

Ke 4 kegiatan itu adalah, Launching pelayanan PANDEKA melalui WhatsApp (WA) di kecamatan ABTB, Penyerahan kartu BPJS ketenagakerjaan bagi ketua RT/RW, Penyerahan Operasional Rumah Tahfiz dan Penyerahan Operasional Karang Taruna,jelasnya.

Baca Juga


Dikatakannya, semisal ada yang menelpon dari rantau, bertanya apa saja syarat pengurusan ahli waris dan sebagainya? Dengan keterbatasan sumber daya yang ada, tidak serta merta membuat ASN sebagai pelayan masyarakat terus merasa diri bekerja dengan pola yang sama dari tahun ke tahun.

Untuk itu, perlu inovasi atau terobosan baru, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan, ujar Hastine.

Lebih lanjut Camat mengungkapkan, mulai dari kantor camat sampai ke kelurahan, telah dibuat suatu sistem pelayanan yang terintegrasi melalui WhatsApp. Masyarakat dapat melaporkan permasalahan lingkungan sekitar seperti lampu jalan yang mati,genangan air, tetangga yang sering ribut malam hari dan lainnya melalui WhatsApp.

" Kenapa kita memilih WhatsApp.? Karena sebagian besar penduduk kita sudah tidak asing lagi dengan penggunaannya," jelas Hastine.

Walikota Bukittinggi Erman Safar mengapresiasi terobosan yang dilakukan di Kecamatan ABTB.

Menyinggung kepesertaan BPJS ketenagakerjaan (asuransi) uangnya dari rakyat untuk rakyat,karena BPJS ketebagakerjaan ini merupakan lembaga negara bukan swasta

"Ada 6000 jiwa yang mengisi setiap bulannya melalui APBD, ini hari pertama kita realisasikan, Rp 42 jt kita berikan kepada ahli waris yang baru saja meninggal yaitu salah seorang RT di kelurahan Belakang Balok yang meninggal Karena sakit," ujar Erman Safar.

Menurut Walikota Bukittinggi Erman Safar, seluruh Ketua RT/RW se kota Bukittinggi mendapatkan layanan BPJS ketenagakerjaan.

Lebuh lanjut Wako menjelaskan, bantuan ke Karang Taruna, "Sengaja kami kasih Rp 10 jt sebagai inisiator kegiatan olahraga di kelurahan, ini merupakan stimulus untuk kegiatan kepemudaan, kalau tidak ke karang taruna, kemana lagi kami akan mencari dan mengalirkan bantuan," ungkap walikota.

Tentang Pondok Tahfiz "Sebenarnya sudah lebih dari 24 kelurahan, sekitar 50 -- 70 pondok Tahfiz sudah ada, karena adanya program pemerintah itu sebabnya pondokan yang lain juga ingin dibiayai oleh pemerintah," sebut Erman.

Pemkot Bukittinggi akan menambah kuota berdasarkan luasan wilayah, seperti kelurahan Tarok Dipo dan Campago ipuh karena penduduknya lebih dari 12 ribu jiwa.

Pada kesempatan itu, Walikota juga menghimbau kepada seluruh ketua RT RW se-kota Bukittinggi, untuk bijak menyikapi, karena tahun 2023 ini adalah tahun politik, sudah barang tentu akan didatangi didatangi orang yang akan beradu di pentas politik.

"Ada 485 Calon Legislatif (Caleg) se-kota Bukittinggi, 460 nya kalah..! 25 yang menang. Jadi kami hanya ingin menyampaikan anggota DPRD yang duduk itu sangat penting untuk program keberlangsungan atau kinerja DPRD untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, pro pendidikan, keagamaan dan ekonomi," tegasnya.

"Pada saat kampanye Pileg 2024 saya belum cuti, masih berstatus Walikota, kami bersama Forkopimda secara bersama-sama mengawasi Pemilu secara damai," pungkasnya.

Kegiatan tersebut selain dihadiri, walikota Bukittinggi, Camat ABTB, Kepala BPJS ketenagakerjaan Bukittinggi Raya, danramil 0304/Agam, kapolsekta Bukittinggi,Ketua KAN, Lurah se kecamatan ABTB, Niniak mamak alim ulama cadiak pandai Bundo Kandung dan undangan tamu lainnya.

( Yus )

Loading...

Komentar

Berita Terbaru