Jemaah Calon Haji Solsel Bakal Mulai Manasik Haji

PEMERINTAHAN-393 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro, Pemda Solok Selatan apresiasi Kemenag Solsel yang telah melaksanakan kegiatan Manasik Haji untuk 37 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Solok Selatan tahun 2023.

Selain kegiatan ini, bagian dari tugas dan kewajiban jajaran Kemenag, juga bagian dari implementasi dari Undang-undang Nomor tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Artinya tujuan dari penyelenggaraan haji itu sendiri adalah untuk memberi pembinaan, pelayanan dan perlindungan dan menciptakan jemaah haji yang mandiri.

Sehingga jemaah haji dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam, " harap Wakil Bupati Solsel H. Yulian Efi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Sekdakab. Solsel Efi Yandri saat pembukaan manasik haji mandiri bagi calon haji asal Solok Selatan, di aula Quwwatul Ummah Kankemenag Solok Selatan, Selasa (14/3/2023).

Ditambahkannya, bahwa penyelenggaraan manasik ini penting dilakukan untuk memberi pengetahuan kepada JCH melaksanakan tahapan saat menunaikan ibadah haji.

" Kepada Jemaah Calon Haji, hendaknya dapat mengikuti rangkaian manasik ini, serta menjaga kesehatan, sehingga pada pelaksanaan ibadah haji nanti akan dapat terlaksana dengan baik dan benar," harapnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Solsel, Drs. Kasmir sebagaimana dikatakan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Solsel, Syaiful Anwar, bahwa JCH Solok Selatan pada tahun berjumlah sebanyak 37 orang.

Sebanyak 37 calon haji asal Solok Selatan tersebut, diantaranya lunas tunda tahun 2022 sebanyak 14 orang, tahun reguler sebanyak 13 orang, lansia sebanyak 3 orang, serta mutasi dari Padang sebanyak 2 orang. Ada juga pendamping lansia 3 orang dan penggabungan mahram sebanyak 3 orang," jelas Syaiful Anwar, Kamis (16/3/2023)

Terkait dengan adanya kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) pada 2023, saat dilakukan verifikasi awal atau ditanya ke jamaah tentang akan bertambahnya biaya haji tahun 2023 tersebut, hingga kini belum ada yang mengkonfirmasi mundur," katanya

Sementara untuk pelaksanaan manasik haji, yang pembukaannya telah dilakukan hari ini, telah dijadwal sepekan dua kali, yakni Kamis dan Sabtu, yang dilaksanakan di area Kantor Kemenag Solsel. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru