Warga 2x11 Kayu Tanam Minta Bus Sekolah dan Perbaikan Jalan ke JJ Dt Gadang

PEMERINTAHAN-447 hit

Penulis: MR | Editor: Marjeni Rokcalva

KAYU TANAM - Perjalanan menjemput aspirasi dalam rangka reses masa sidang kedua 2022/2023 yang dilakukan Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), Jasma Juni (JJ) Dt Gadang, Selasa (7/3/20223) dilakukan di Kacamatan 2x11 Kayu Tanam, yang dipusatkan di ruang pertemuan Kantor Camat 2x11 Kayu Tanam. Reses sendiri berlangsung dari tanggal 1 hingga 8 Maret 2023.

Kedatangan JJ Dt Gadang dengan tim pendamping diterima Camat 2x11 Kayu Tanam Junaidi Syah, bersama 4 Wali Nagari yang ada di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam (Wali Nagari Guguak, Wali Nagari Anduriang, Wali Nagari Kayu Tanam dan Wali Nagari Kapalo Ilalang), seluruh Kepala Kepala Korong, kepala sekolah SMAN 1 2x11 Kayu Tanam, kepala sekolah dan guru SMPN 1 2x11 Kayu Tanam, Pengurus TP PPK kecamatan, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

Selaku tuan rumah, Camat 2x11 Kayu Tanam, Junaidi Syah, mengucapkan terima kasih atas kunjungan reses dari Anggota DPRD Sumbar, JJ Dt Gadang.

Baca Juga


"Kita bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas perhatian Bapak JJ Dt Gadang terhadap Kecamatan Kecamatan 2x11 Kayu Tanam selama ini. Bantuan fisik maupun pelatihan keterampilan dan Bimbingan Teknis yang melibatkan warga kita sangat terasa manfaatnya. Bahkan untuk tahun ini juga ada bantuan dari dana Pokir untuk jalan lingkung rabat beton, perbaikan masjid, bantuan Alsintan, baju seragam upacara, paving blok, kantin kejujuran," katanya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-suasana-reses-jj-dt-gadang-di-kecamatan-2x11-kayu_foto4_070323082706.jpeg

Suasana reses JJ Dt Gadang di Kantor Camat 2x11 Kayu Tanam.

Bahkan, sambungnya, tahun 2023 ini juga, Bapak JJ Dt Gadang mengusahakan bantuan satu unit bus sekolah untuk SMAN 1 2x11 Kayu Tanam.

"Bus sekolah ini akan sangat membantu pelajar dalam mobilitas ke sekolah, terutama pelajar SMA yang tidak punya kendaraan, sehingga mereka bisa tepat waktu datang ke sekolah nanti," tegasnya.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih ke Bapak JJ Dt Gadang, semoga ke depannya, kerjasama ini semakin terjalin dengan baik demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-warga-yang-datang-dalam-pertemuan-reses-di-kayu_foto5_070323082706.jpeg

Para warna antusias mengikuti reses JJ Dt Gadang.

Beragam Aspirasi

Dalam pertemuan ini JJ Dt Gadang menerima berbagai aspirasi. Kepsek SMAN 1 2x11 Kayutanam, Dra. Rahmawati, M.Si, disamping menyampaikan proposal pengadaan bus sekolah, ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan selama ini untuk sekolahnya.

"Bantuan ini sangat membantu dalam peningkatan mutu belajar siswa, memperlancar proses belajar mengajar dan membentuk karakter siswa," katanya.

"Ini sangat kami tunggu sejak lama, karena hingga kini kami pihak sekolah masih kesulitan dalam bepergian ketika ada kegiatan di luar sekolah dan mobilisasi siswa dari rumah ke sekolah," katanya.

Demikian juga disampaikan, para wali nagari yang hadir. Secara umum, mereka menyampaikan bantuan untuk perbaikan jalan lingkung dan jalan tani yang masih banyak rusak di hampir setiap nagari.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-warga-kayu-tanam-serahkan-proposal-ke-jj-dt_foto1_070323082705.jpeg

JJ Dt Gadang menerima proposal aspirasi dari salah seorang perwakilan warga 2x11 Kayu Tanam.

"Kami juga meminta bantuan perbaikan sarana di surau, masjid atau mushalla yang masih banyak butuh perbaikan di tiap korong. Ini sangat berguna sekali dalam kenyamaman beribadah dan sekailigus sarana pendidikan TPA/TPSA," kata Ahmad Yuni Kamil, Wali Nagari Guguak.

Usulan lain yang mendesak, yakni perbaikan drainase di Anduriang, perbaikan jalan dan irigasi yang runtuh akibat banjir. Sehingga, berakibat bagi sawah penduduk yang terancam tidak bisa ditanami. Kemudian, juga ada keluhan dari petani tentang pupuk bersubsidi, bantuan bibit tanaman produktif dan Alsintan.

Kemudian juga permintaan bantuan dari KUBE Berkah, yakni bantuan mesim obras kain yang digunakan untuk kelancaran usaha kelompok dalam menjahit pakaian. Sedangkan dari kelompok Desa Wisata 2x11 Kayu Tanam, mereka juga minta pelatihan sadar wisata dan Ekraf.

"Karena ada sekitar 1000 KK yang menggantungkan hidup dalam berbagai usaha di kelompok desa wisata," kata Pengurus Desa Wisata 2x11 Kayu Tanam, Riswan.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-kepsek-smpn-1-2x11-kayu-tanam-sampaikan-aspirasi-ke-jj-dt_foto2_070323082705.jpeg

Warga menyampaikan aspirasi ke JJ Dt Gadang.

Tanggapan JJ Dt Gadang

Menanggapi semua ini, JJ Dt Gadang menyebutkan, untuk beragam usulan ini akan diperjuangkan dalam APBD 2024 mendatang, jika itu ada mata anggarannya.

"Kami akan membawanya ke rapat anggaran DPRD Provinsi Sumbar dan membahasnya dengan OPD terkait," katanya.

Khusus untuk usulan, perbaikan jalan, JJ Dt Gadang akan melihat mana yang kewenangan kabupatan dan provinsi. Karena kalau itu jalan kabupaten, provi si tidak bisa membantunya. Namun, katanya, untuk tahun 2023 ini, sudah ada yang akan terlaksana di Kacamatan 2x11 Kayu Tanam, seperi bantuan rumah ibadah, jalan lingkung atau jalan usaha tani di Nagari Guguak dan Kayu Tanam dan bantuan bus sekolah untuk SMAN 2x11 Kayu Tanam yang kemungkinan besar ditampung di APBD-P 2023.

JJ menyebutkan, ia akan koordinasi dengan dinas terkait menyangkut beberapa usalan, seperti perbaikan jalan, irigasi, normalisasi sungai dan bantuan pertanian serta Alsintan.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-salah-seorang-warga-sampaikan-aspirasi-ke-jj-dt_foto3_070323082705.jpeg

Penyampaian aspirasi dalam reses JJ Dt Gadang di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam.

"Meski kewenangan provinsi tidak ada dalam beberapa usulan, ia juga akan berupaya memperjuangkan di DPRD Kabupaten Padang Pariaman, dinas terkait di kabupaten dan instransi terkait di Provinsi Sumbar," tegasnya

Sedangkan bantuan usulan bantuan alat-alat pertanian, JJ Dt Gadang meminta segera dibentuk KWT, Keltan, mengurus proses smultan kelompoknya ke Dinas Pertanian melalui PPL dan Wali Nagari. Karena, bantuan akan diberikan kepada kelompok yang sudah terdaftar dan punya badan hukum.

"Silahkan buat proposal dan lengkapi administrasi kelompoknya. Semoga di APBD Sumbar 2024 usulan yang disampaikan bisa ditampung dan terlaksana," tambahnya. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru