Wagub Sumar Lepas Peserta Sepeda Jelajah Cycling Series Minangkabau 2023

Penulis: ADPSB/BM | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG - Event balap sepeda internasional Jelajah Cycling Series (JCS) Minangkabau 2023 resmi dimulai, hal tersebut ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy di halaman Istana Gubernuran, Sabtu (4/3/2023).

Total panjang jarak yang ditempuh oleh para pembalap adalah 112 Kilometer, mulai dari Padang, Solok hingga finis di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar Kab. Tanah Datar.

Even tersebut diikuti oleh 228 peserta yang berasal dari tujuh negara yakni Indonesia, China, Belanda, Perancis, Latvia, Laos dan Thailand.

JSC Minangkabau 2023 kali ini akan memperebutkan total hadiah uang tunai sebesar Rp502 juta.

Menurut Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Event JCS ini pertama kali dilaksanakan Indonesia pasca pandemi Covid-19, karena sebelumnya sempat terhenti hampir tiga tahun.

"Alhamdulillah, series pertama even internasional JSC pasca pandemi Covid-19, diadakan di Sumbar, itu makanya JSC kali ini dinamai Jelajah Cycling Series (JCS) Minangkabau 2023," kata Audy.

Wagub menambahkan, banyak manfaat yang bisa dipetik dalam penyelenggaraan JCS Minangkabau 2023 ini, antara lain, meningkatkan promosi dan kunjungan wisata ke Sumbar serta mendorong geliat perkembangan sektor ekonomi kreatif, kuliner dan UKM di Sumbar.

"Menjadi tuan rumah pada even nasional dan internasional, itu memberikan banyak keuntungan, untuk promosi berbagai destinasi wisata, industri kreatif, kuliner dan UKM di Sumbar, artinya ini sangat baik dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sesuai dengan tagline Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023," ucapnya.

Selanjutnya Wagub Audy berharap, semoga acara ini berjalan lancar dan aman serta mampu memberikan pengalaman yang berkesan bagi para pembalap baik dari segi rute tempuh maupun suguhan layanan.

"Semoga seluruh pembalap dapat menikmati keindahan alam sepanjang jalur yang dilalui, dan puas dengan layanan kami sehingga nantinya mereka terdorong untuk mempromosikan Sumatera Barat di negaranya masing-masing," harap Audy.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda juga menghimbau agar masyarakat dapat mengambil peran dalam upaya mensukseskan JCS Minangkabau 2023 sebagai ajang promosi Wisata, Budaya dan Kuliner Sumbar ke seluruh pengunjung yang datang.

"Mari kita sukseskan JCS Minangkabau 2023 untuk kemajuan sektor pariwisata Sumbar dalam rangka Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023, tunjukkan bahwa kita adalah tuan rumah yang baik, ramah dan berbudaya," ajaknya.

Hadir juga dalam acara pelepasan para pembalap sepeda JCS Minangkabau 2023, Plh Kadis Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon, Direktur Jelajah Sport, Jannes Eudes Wawa. (ADPSB/BM)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru