Empat Nama Disebut-Sebut Calon Pendamping Nasrul Abit di Pilgub 2020 Sumbar

Politik-853 hit

PADANG - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit optimis bisa maju sebagai salah seorang kandidat dalam pemilihan gubernur Sumatra Barat (Sumbar) 2020.Ia optimis Partai Gerindra masih mengusungnya menjadi Calon Gubernur Sumbar dalam Pilkada Sumbar 2020. Namun, siapa yang bakal mendampinginya sebagai Calon Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul enggan menyebutkan. Ia hanya menyebutkan, hingga kini pihaknya masih intens melakukan penjaringan terhadap calon wakil gubernur yang kelak mendampinginya sebagai calon gubernur.

Meski demikian, santer kabar, ada empat nama yang disebut menjadi calon kuat sebagai pendampingnya nanti, diantaranya Bupati Agam, Indra Catri, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, mantan Bupati Tanah Datar, Sadiq Pasadiqoe serta Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD.

"Insyallah wakil bisa diketahui bulan Januari, paling lambat bulan Februari sudah dapat, tim sedang menggodok itu," katanya di Padang, Senin (13/1/2020) sebegaimana dilansir langgamid.

Mantan Bupati Pesisir Selatan itu mengklaim, nama yang telah masuk radar calon wakil gubernur itu berasal dari kalangan profesional, partai politik dan ada juga yang sedang menjabat sebagai kepala daerah.

"Kalau bisa dapil 1 (selatan) atau pun 2 (utara). Kalau orangnya nanti lah, kan ada beberapa nama," katanya.

Nasrul Abit mengaku masih optimis dirinya akan diusung partai Gerindra. Meski hari ini, salah seorang kader Gerindra bernama Edriana juga cukup gencar bersosialisasi kepada masyarakat untuk mencalon calon gubernur.

"Insyallah (Gerindra) masih sama kita. Nanti tergantung DPP, kalau memang saya nanti yang diajukan, saya akan kerja keras, kalau Edriana ya silahkan juga," katanya.

Selain itu, dia mengajak seluruh tokoh yang akan meramaikan bursa pencalonan gubernur dan wakil gubernur, untuk berkompetisi dengan sehat. Dengan kata lain, menampilkan program gagasan dan tidak menyerang pribadi kandidat lain.

"Bicara hasil survei ya silakan saja, mari kita adu program, sehingga masyarakat mengetahui mana yang pantas memimpin Sumbar ke depan," ujarnya.

Munculnya nama Rektor UNP bisa jadi dari hitungan politik, jika Nasrul tidak dicalonkan Gerindra. Nasrul yang juga mendaftar ke Partai Golkar, PKB dan PDIP. JIka koalisi ketiga partai diluar Gerindra ini sepakat mengusung Nasul, calon wakil gubernur yang kuat dari ketiga partai ini tentu Prof. Genefri. Karena Ganefri tentu akan punya kans besar diusung PKB dan PDIP.

Mengingat Ganefri saat ini merupakan Ketua Wilayah NU Sumbar dan terkenal dengan Ketum PDIP Megawai Soekanoputri. Ganferi juga putra Limapuluh Kota. Jadi klop, ini pasangan utara selatan.

Namun siapa yang bakal berpasangan dengan NA, satu atau dua bulan lagi, bisa terungkap. Dinamika politik di Sumbar saat ini sangat tinggi dan lobby politik sangat cair. Kita tunggu.

(MR)

Komentar

Berita Terbaru