Pemkab Dharmasraya dan Baznas Kembali Salurkan Beasiswa untuk 51 Mahasiswa

PENDIDIKAN-970 hit

Penulis: Hms/Je | Editor: Medio Agusta

DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menyalurkan beasiswa program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dan Kader Ulama kepada 51 orang mahasiswa di Kabupaten Dharmasraya. Penyerahan beasiswa ini dilakukan oleh Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan, dengan turut didampingi Sekda, Adlisman, Ketua Umum Baznas Kabupaten Dharmasraya, A. Gani, dan Kepala Kemanag Dharmasraya, di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (13/01/20).

Menurut Ketua Baznas, A. Gani, 51 mahasiswa yang menerima beasiswa program SKSS dan Kader Ulama pada angkatan kali ini adalah mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi negeri di Sumatera dan Jawa. Terdiri dari 33 siswa untuk program SKSS dan 21 untuk program Kader Ulama. Mereka, sebut Gani, akan dibiayai kuliahnya hingga tamat oleh Baznas.

Namun demikian, imbuh Gani, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa bersangkutan agar dapat mempertahankan beasiswa ini hingga tamat. Yakni, harus memiliki Indeks Prestasi di atas 3,00 serta wajib melaporkan hafalan qur'an per satu semester kepada pihak Baznas.

Baca Juga


"Mahasiswa penerima beasiswa ini terus kita pantau. Jika dalam pantauan prestasi menurun dan tidak sesuai dengan target lulus, maka akan kita putus. Jadi ini menjadi motivasi bagi para penerima bantuan, sehingga benar-benar memanfaatkan bantuan dari Baznas ini untuk menjadi generasi yang mandiri dan berilmu pengetahuan. Target kita seluruh masyarakat Dharmasraya tidak ada lagi keluarga yang tidak sarjana," ujar Gani.

Untuk kriteria, kata Gani, mahasiswa yang dibantu dengan program beasiswa ini adalah mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang belum ada satupun sarjana di keluarganya. Serta lulus di perguruan tinggi negeri.

"Hingga saat ini sudah ada 139 orang mahasiswa Dharmasraya yang dibiayai kuliahnya melalui beasiswa ini. Dan dari 139 orang itu, 25 orang diantaranya sudah wisuda dan sudah banyak yang mendapat pekerjaan," papar Gani.

Sementara itu, Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi atas komitmen Basnaz dalam mendukung pemerintah daerah untuk mewujudkan Satu Keluarga Satu Sarjana di Kabupaten Dharmasraya. Besar harapan wabup, program ini dapat membawa manfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Dharmasraya, seiring dengan semakin baiknya tingkat pendidikan.

"Semoga ke depan, akan lebih banyak lagi masyarakat Dharmasraya yang membayarkan zakatnya melalui Baznas, sehingga akan lebih banyak pula masyarakat yang terbantu," ujar Wabup.

Dan kepada mahasiswa penerima beasiswa, wabup berpesan untuk dapat memanfaatkan dengan baik beasiswa yang diterima. Sehingga tujuan pemerintah daerah bersama Baznas dalam menggulirkan program ini dapat tercapai sesuai harapan.

(Hms/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru