Disdik Deklarasikan BERSINAR di Padang Pariaman

PEMERINTAHAN-273 hit

Penulis: Suger | Editor: Medio Agusta

Padang Pariaman - Peredaran dan penyelundupan narkoba sudah merambah ke sekolah - sekolah. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjend. Sukria Gaos menyebutkan Ini satu bukti bahwa masalah narkoba merupakan kejahatan yang luar biasa dan diperlukan penanganan yang serius.

Ia menyebutkan, salah satu bentuk keseriusan itu, pemerintah daerah Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan mewujudkan program BERSINAR Sekolah sekolah bersih narkoba

"Ini salah satu wujud nyata yang telah dilahirkan oleh pemerintah daerah setempat, dan bahkan daerah pertama di Sumbar yang mendeklarasikan," sebut Sukria Gaos pada saat Deklarasi sekolah Bersih Narkoba di SMP 1 Kecamatan 2x11 Enam Lingkungan, Selasa 1 Februari 2023.

Sementara Bupati Suhatri Bur menegaskan bahwa narkoba merupakan ancaman yang sangat serius dan nyata, dimana narkoba memiliki daya rusak yang hebat hingga dapat merusak generasi suatu bangsa.

"Menghadapi situasi tersebut maka kita sebagai elemen bangsa harus aktif bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk lingkungan pendidikan didalamnya wajib mengambil peran dalam upaya penyelamatan bangsa dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," sebut Suhatri Bur.

Ia menyebutkan, masalah narkoba bukan hanya menyentuh lapisan tertentu saja, tetapi menyentuh semua lapisan masyarakat.

Tidak ada yang dinyatakan bebas dari masalah ini, bahkan sudah menyentuh generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar pada kesempatan ini pula mengajak kepala sekolah yang merupakan bagian dari pendidik untuk berperan aktif dalam upaya P4GN di lingkungan pendidikan tempatnya masing-masing.

"Pentingnya sinergitas juga kepedulian dari lingkungan pendidikan untuk mewujudkan sekolah yang bersih narkoba (Bersinar)," sebut dia.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyampaikan informasi lebih dalam lagi tentang bagaimana membangun kesadaran dan juga untuk bersama-sama bergerak aktif untuk menanggulangi masalah narkoba khususnya di lingkungan pendidikan.

Penanganan masalah narkoba tidak hanya ditanganai oleh BNN saja, namun diperlukan adanya sinergitas dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Selain itu, adapun strategi yang dilaksanakan oleh pihak sekolah sekolah mengedepankan 4 Pilar pendekatan yaitu Pencegahan, Pemberdayaan, Pemberantasan dan Rehabilitasi, hal ini dilakukan dengan inovasi lainya, seperti Gerakan Seribu Siswa Penghafal Alquran "Gebu Sipapa" dan Siswa Bersedekah Setiap Hari "Siberseri". (Suger)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru