Begini Cara MIN 5 Solsel, Mamfaatkan Lahan Madrasah

PENDIDIKAN-341 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Solsel memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami berbagai tanaman sebagai bentuk pembangunan pendidikan kewirausahaan peserta didik di madrasah tersebut.

" Kita bersama guru, dan masyarakat memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk ditanami berbagai tanaman, " jelas Kepala Madrasah (Kemad) MIN 5 Solsel Joni Aprisal, Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, selain tujuannya untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam berbagai jenis tanaman, kegiatan ini juga bagian dari pendidikan kewirausahaan bagi 217 orang siswa yang ada di madrasah.

Baca Juga


Dampaknya juga akan menjadikan semua siswa mengenal tata cara menanam, merawat serta mamfaat dari hasil tanaman tersebut. Bahkan dari hasil panen, para siswa juga akan dapat menikmati serta menjadikan mereka tahu, hasilnya penjualan akan bernilai pendapatan ekonomi," jelasnya.

Adapun jenis tanaman dan pemamfaatan lahan yang kosong di MIN 5 Solsel tersebut dipergunakan untuk tanaman padi, jagung manins, semangka, bawang, sawi, buah Nagari, ubi kayu, ubi jalar dan pembuatan kolam ikan.

Kegiatan berkebun itu, menurut Joni Aprisal juga mendapat dukungan dari masyarakat disekitar madrasah dan pihak komite madrasah.

Kedepan dirinya bertekad akan berupaya untuk mengusulkan penerbitan Sertifikat lahan madrasah. Hal tersebut menjadi penting guna mendapat dukungan berbagai pembangunan dari pihak Kemenag khususnya dan dari berbagai pihak lainnya pada umumnya.

Sesuai dengan mekanisme pengusulan penerbitan Sertifikat, pihak madrasah sudah membuat usulan ke BPN, tinggal lagi dukungan dari pihak Pemerintahan Nagari, Kecamatan dan Pemerintahan Kabupaten Solsel.

" Jika sudah ada Sertifikat lahan ini, kita optimis kedepan usulan penambahan bangunan untuk mendukung kegiatan PBM peserta didik akan dapat diperoleh," harap Joni Aprisal. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru