Panitia IKKA Indonesia Pulbas 2023 Siapkan Agenda Yang Akan Diusung

PERISTIWA-1205 hit

Penulis: Iyos | Editor: Medio Agusta

SOLOK, KACANG- Semangat berkampung, terus bergelora dihati perantau Nagari Kacang, Kec X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Mereka membuat gerakan pulang Basamo (Pulbas) untuk mengokohkan silaturahmi Ikatan Keluarga Kacang (IKKA) seluruh Indonesia, ditengah suasana Hari Raya Idul Fitri 1443 H April mendatang.

Ketua pelaksana IKKA Pulbas 2023, dr.H.Erwan Bardam, SpB yang juga Ketua IKKA Padang, didampingi Sekretaris Erdi Janur,SH kepada beritaminang.com di Tanjung Sopan, Jumat, 20 Januari 2023 menyebutkan, untuk menyukseskan agenda Pulbas tersebut diperlukan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik Pemerintahan Nagari, tokoh masyarakat, pengurus IKKA SE Nusantara, dan pihak berkepentingan lainnya.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan komunikasi intens dengan seluruh pemangku kepentingan tersebut, diawali dengan berbagai pertemuan dan rapat-rapat substantif terkait agenda kegiatan yang cukup padat, baik di Padang, maupun rapat di kampung tepatnya di kantor Walinagari Nagari Kacang pada Jumat (20/1) ini.

Baca Juga


H.Erwan Bardam lebih jauh mengutarakan, spirit yang dibawanya bersama perantau Nagari Kacang diseluruh Nusantara ini adalah nilai persatuan dan silaturahmi antar sesama orang Kacang termasuk urang sumando dimanapun daerah perantauan mereka, maupun yang berada di kampung.

Guna mengikatkan silaturahmi itu dibuatlah perencanaan kegiatan yang bersifat edukasi dan menghibur yang dipusatkan di Tanjung Sopan, Nagari Kacang. Semua acara yang ditampilkan diwarnai dengan nuansa kearifan lokal dan kebiasaan anak nagari dalam setiap menyambut hari-hari besar, baik kemerdekaan maupun hari-besar Islam.

Seperti contoh lanjut Erwan, ada lomba tahfidsz Al Qur'an dan adzan di Masjid Raya Kacan, dan lomba-lomba lainnya. Tetapi yang lebih monumental adalah kegiatan kemenakan silaturahmi dengan Ninik mamak dari masing-masing suku yang ada di Nagari Kacang yakni Suku Piliang, Suku Limo Panjang, Suku Limo Singkek, dan Suku Ampek Ninik.

"Tujuannya adalah, bagaimana merekatkan silaturahmi anak kemenakan dengan para ninik mamak dan penghulunya masing-masing. InsyaAllah, dengan agenda Pulbas ini kami juga menggalang pemikiran bagaimana memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan Nagari Kacang yang berkepanjutan." Tutur dokter disebuah rumah sakit swasta yang cukup terkenal di Kota Padang ini.

Erdi Janur,SH, selaku sekretaris IKKA Pulbas 2023 menambahkan, pihak panitia sudah mulai merancang semua agenda yang akan dibawa dan tampilkan. Untuk itu, sambungnya, perlu adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintahan nagari, tokoh masyarakat, dan pemuda.

Karena nantinya juga akan digelar penampilan kesenian anak nagari yang dibawakan para pemuda nagari. Selain itu, juga akan ada kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan (gula darah, tensi dan PMT balita), menanam pohon, malamang seribu lamang, outbond, hiburan musik Kim orgen, dan penyerahan bingkisan untuk anak-anak sekolah dan lansia.

"Harapan kami selaku panitia pelaksana tentu beharap adanya dukungan dari masyarakat, baik pemuda dan pemangku adat atau Ninik mamak. Khusunya seluruh pengurus IKKA dari daerah perantauan mana saja dan Pemerintahan Nagari." Tutur pensiunan ASN di Gubernuran Sumbar ini.

Hadir dalam rapat pra IKKA Pulbas tersebut Sekretaris Nagari Kacang Deki Ornaldo,S.Kom, Ketua BPN Mas Pairil, Kepala Jorong Tembok Johem, unsur pengurus IKKA Padang dan daerah lainnya. (Iyos).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru