Siapkan Publikasi Bukittinggi Dalam Angka Februari Mendatang, Kominfo Dan BPS Gelar FGD

PEMERINTAHAN-312 hit

Penulis: yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI — Untuk untuk memfinalisasikan tabel Bukittinggi dalam angka 2023,Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittinggi gelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan publikasi Bukittinggi dalam angka 2023 dan pembinaan statistik sektoral. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Santika, Rabu (18/01).

Baca Juga


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Sekda, Martias Wanto, menyampaikan, SKPD mengapungkan data untuk disandingkan dengan data lainnya. Sehingga nanti setelah dikumpulkan, akan dirilis langsung oleh BPS.

"Dimulai dari data yang berkualitas dapat dibuat perencanaan yang berkualitas yang kemudian diharapkan dapat menghasilkan pembangunan yang berkualitas pula,"ujar Sekda.

"FGD ini bertujuan untuk memfinalisasikan tabel Bukittinggi dalam angka 2023, dan diharapkan ada penyempurnaan akurasi dan konsisten data. Sehingga publikasi ini bisa dijadikan sebagai sumber rujukan utama dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan kota Bukittinggi," ungkap Martias Wanto.

FGD ini, lanjut Sekda, dapat memberikan pemahaman, bahwa peran data dalam siklus perencanaan pembangunan dimulai dari penyusunan rencana pembangunan, hingga ke penetapan, pengendalian dan pelaksanaannya. Kemudian terakhir dalam evaluasi pembangunan, dari proses ini dihasilkan data lagi dan siklusnya berlanjut dan berkesinambungan.

Sementara itu Kepala BPS Bukittinggi, yang pada kesempatan ini diwakili Kepala sub bagian umum, D' Hasmarini, menyampaikan, BPS melaksanakan kegiatan ini dilaksanakan dua tema. Penyusunan publikasi Bukittinggi dalam angka 2023 dan pembinaan statistik sektoral.

"Penyusunan publikasi Bukittinggi dalam angka 2023 sangat penting, karena akan dirilis bulan Februari 2023 mendatang. Dengan FGD ini komitmen setiap SKPD ditingkatkan agar publikasi dapat dilaksanakan tepat waktu, 28 Februari setiap tahunnya. Pengelola publikasi Bukittinggi dalam angka adalah Diskominfo selaku wali data. Sehingga setiap SKPD diharapkan dapat menyerahkan data data per SKPD ke Diskominfo," jelasnya.

Sementara itu, pembinaan statistik sektoral, merupakan salah satu tugas dan fungsi BPS. Saat ini telah dibentuk forum satu data yang kini telah mulai berjalan dengan SK Wako. Produsen data dan wali data pendukung, diharapkan dapat mewujudkan penyelenggaraan statistik sektoral Kota Bukittinggi dengan tujuan meningkatkan kualitas perencanaan dan evaluasi pembangunan di kota Bukittinggi.(yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru