2023, Program Pemberdayaan Masyarakat Dimaksimalkan Pemkab Pessel

PEMERINTAHAN-196 hit

Penulis: Ynd | Editor: Marjeni Rokcalva

PAINAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska berharap pemerintahan nagari di Kabupaten Pesisir Selatan memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan dana desa (DD) tahun anggaran 2023 ini.

"Kegiatan itu bertujuan agar kesejahteraan masyarakat bisa menyentuh hingga ke pelosok terpencil sekalipun. Kita juga terus memberikan dorongan kepada pemerintah nagari supaya mengoptimalkan kegiatan pemberdayaan terhadap kelembagaan yang ada," kata Sekda Mawardi Roska di Painan, Rabu (18/1/2023).

Disebutkan, untuk memaksimalkan berbagai program yang dirancang, maka pemkab akan melakukan pembinaan pula. Tujuanya bagaimana kesejahtaraan bisa menyentuh hingga ke pelosok nagari bahkan kampung terpencil sekalipun.

Baca Juga


Di samping itu, pihaknya juga mendorong agar pemerintah nagari melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan kerja. Kemudian melakukan peningkatan kapasitas unsur-unsur yang ada di nagari.

"Dari berbagai bentuk pelatihan itu, pemkab juga mendorong semua nagari agar memfungsikan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag). Langkah ini bertujuan agar berbagai usaha yang digeluti oleh masyarakat, memiliki mitra usaha sesuai dengan bidang yang dikelola," ungkapnya.

Disebutkan lebih lanjut, BUMNag yang aktif itu menggeluti berbagai bidang usaha seperti bidang pertanian, perkebunan, perdagangan dan pariwisata yang pada hakikatnya disesuaikan dengan potensi dari masing-masing nagari.

Disisi lain, kehadiran BUMNag juga bisa untuk menstabilkan harga berbagai produksi masyarakat. Berdasarkan hal itu, sehingga pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap BUMNag yang ada supaya tetap bisa eksis ke depannya. (Ynd)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru