Setidaknya 300 Siswa kelas 7 SMP Negeri 4 Bukittinggi Ikuti Tes Psikologi

PENDIDIKAN-452 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - SMP Negeri 4 Bukittinggi bekerjasama dengan Ikatan Instrumentasi Bimbingan Konseling Indonesia Biro Konsultasi Bina Mandiri Batusangkar menggelar tes psikologi terhadap 300 siswa kelas 7 Minggu (15/01) di SMPN 4 Bukittinggi.

Dikutif dari IG SMPN 4 Bukittinggi, Tes tersebut dilaksanakan untuk mengetahui minat, cara belajar dan kemampuan belajar siswa kelas 7 sebagai dasar dan pedoman dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai tuntutan kurikulum merdeka, ungkap Kepala SMPN 4 Bukittinggi Edi Kosla Didampingi Waka Kurikulum Endang Susilawati.

Menurut Kepala SMPN 4 Bukittinggi Edi Kosla, tes psikologi sangat penting dilaksanakan. Hasilnya nanti dapat menjadi pedoman bagi sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.

Baca Juga


Dengan mengetahui minat dan gaya belajar serta kemampuan belajar siswa, diharapkan guru dapat memilih dan menyesuaikan metode dan model-model pembelajaran yang cocok digunakan sesuai kebutuhan siswa didalam kelas, ujarnya.

Lebih lanjut Edi Kosla mengatakan, Pihaknya sangat berterima kasih atas kerjasama orang tua siswa yang sangat mendukung kegiatan ini, meski terdapat siswa yang tidak hadir karena sakit, namun pelaksanaan tes yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore, berjalan lancar.

Sementara Reza Rahmadian yang memimpin Tim pelakasana tes dari Biro Konsultasi Bina Mandiri Batusangkar menjelaskan, terdapat sekitar 8 jenis tes yang diujikan kepada siswa.

Ke delapan jenis test tersebut terdiri dari tes Gaya Belajar (GB), Abstrak (ABS), Skolastik (SKL) verbal dan Numerikal, Relasi Ruang (RR) dan Cfit atau kecepatan, ketepatan dan ketelitian dalam memilih gambar.

Selanjutnya, tes Clarical (CLR) atau kecepatan, ketepatan dan ketelitian dalam memilih angka, tes Mekanik (MKN) atau analisa gambar dan terakhir tes Minat dan jabatan (Minjab) yakni memilih salah satu dari dua pekerjaan.

Untuk pelaksanaan tes tersebut lembaganya menurunkan sekitar 21 orang yang terdiri dari tenaga tester dan pelaksana test.

Reza juga menyampaikan hasil test yang diselenggarakan sehari penuh tersebut akan keluar dan dikirimkan dalam waktu 15 hari, ujarnya. (Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru