Lomba Paroman Islamic Fair Tahun 2023

PEMERINTAHAN-550 hit

Penulis: DE| | Editor: Marjeni Rokcalva

PASAMAN BARAT -- Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Karang Taruna Paraman Ampalu menggelar Paroman Islamic Fair. Ajang penyalur bakat dan melatih generasi muda menjadi seorang muadzin itupun ditutup oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, Minggu (30/7) malam di halaman Masjid Raya Al-Manar Paraman Ampalu, Kecamatan Gunung Tuleh.

Dalam sambutannya, Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan rasa bangganya kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan itu. Ia mengungkapkan, Paroman Islamic Fair merupakan salah satu peringatan Tahun Baru Islam yang unik dan menarik.

"Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, karena akan memberikan dampak yang positif bagi generasi muda di Pasbar khususnya di Paraman Ampalu," ungkap Bupati Hamsuardi.

Baca Juga


Lebih lanjut ia mengungkapkan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT terutama di bulan Muharram. Diantara upayanya yaitu melalui program unggulan Pemda Pasbar yakni Magrib Mengaji dan Tahfidz Al-Qur'an. Ia menegaskan, bukti sayang Allah kepada ummatnya adalah ketika manusia menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan keagamaan.

"Untuk mewujudkan Pasbar yang aman, tertib dan sejahtera serta Pasbar yang Baldatun Thayyibatun Warrabun Ghofur salah satunya yakni dengan upaya konsisten melaksanakan magrib mengaji dan tahfidz Al-Qur'an. Tujuannya 20 hingga 30 tahun ke depan, anak-anak kita ini mampu membawa kita ke surgaNya Allah," tangkasnya.

Disamping itu, Camat Gunung Tuleh M. Ghor menjelaskan dalam memperingati Tahun Baru Islam, Kecamatan Gunung Tuleh telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Tabligh Akbar dan lomba semarak Muharram di Muara Kiawai, tabligh akbar serta lomba antar anggota BKMT dan wirid yasin, lomba tahfidz AQur'an, semarak Muharram di SMP 01 Gunung Tuleh dan lainnya.

Wali Nagari Rabi Jonggor Abna Mufid, juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang turut ambil andil dalam kegiatan itu khususnya kepada mahasiswa KKN terpadu.

Sementara Ketua Pelaksana Ilham Fadil memaparkan, Lomba Paroman Islamic Fair dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 29 hingga 30 Juli 2023. Beberapa kegiatan yang digelar seperti lomba azan, donor darah kolaborasi dengan PMI, serta kegiatan penutupan yang sedang berlangsung malam itu.

"Lomba azan kita angkat karena masih banyak kita lihat muadzin di masjid dan musholla hanya itu-itu saja. Selain itu, banyaknya muadzin dari golongan para orang tua, padahal generasi muda banyak yang bertalenta," jelasnya.

Diakhir kegiatan, Bupati Hamsuardi menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. Kategori dewasa dimenangkan oleh Romadoni, Irjan dan M. Rezki. Sedangkan kategori anak-anak dimenangkan oleh M. Amar Alsakwa, Asyraf dan Zakir Athra. (De)

PASAMAN BARAT -Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Pasaman Barat (Pasbar) kami sangat mengapresiasi masyarakat Paroman Bondar khususnya kepada panitia PBS CUP III yang telah menyelenggarakan turnamen ini. Kami melihat pertandingan ini sangat sukses, dan kami berharap turnamen ini dapat dilanjutkan di tahun mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Sekda Hendra Putra, Ketua TP.PKK Pasbar, Kepala OPD, Unsur Forkopimca Gunung Tuleh dan stakeholder terkait lainnya saat menutup Turnamen Sepak bola PBS CUP III tahun 2023 di lapangan sepak bola Paroman Bondar Sport, Jorong Paroman Bondar dan Baruh Gunung, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, (Sabtu 13/5).

Bupati Hamsuardi menambahkan, Pemda Pasbar melalui Kadispora juga KONI siap mendukung masyarakat Paroman Bondar dalam mewujudkan impian untuk memperlebar lapangan sepak bola tersebut. Ia juga berpesan kepada penonton yang hadir agar dapat mendukung jagoan masing-masing dengan aman dan tenang.

Disamping itu, Pembina PBS sekaligus Sponsor Turnamen PBS CUP III Abror mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Hamsuardi beserta Sekda Hendra Putra dan rombongan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara serta kepada masyarakat Paroman Bondar.

Sementara Ketua Panitia Rifky menjelaskan Turnamen PBS CUP III dilaksanakan mulai 23 hingga 13 Mei 2023. Pertandingan diikuti sebanyak 32 tim dari Kecamatan Gunung Tuleh sementara 4 tim dari Lembah Melintang dan Sungai Aur. Berkat usaha dan kerja keras panitia lanjutnya, PBS CUP III berjalan lancar dan sukses. Ia berharap tahun depan turnamen dapat ditingkat hingga diikuti oleh tim se-Kabupaten Pasaman Barat.

Diakhir kegiatan, Bupati Hamsuardi beserta stakeholder terkait menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Juara 1 AGS Air Dingin mendapatkan tropi dan uang pembinaan 6.000.000, Juara 2 Porsit Sitabu membawa pulang tropi dan uang pembinaan sebesar 4.000.000. Sementara Top Score Zidan mendapat hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar 200.000 dan pemain terbaik diberikan kepada Nanda yang mendapat tropi dan uang pembinaan sebesar 200.000. Bupati Hamsuardi beserta stakeholder terkait juga menyerahkan bantuan sebesar 7.000.000 kepada panitia penyelenggara. (DE|)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru