Usia 19 Tahun Kabupaten Solsel, Kita Melompat Menuju Solsel Yang Maju dan Sejahtera

PEMERINTAHAN-355 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Kabupaten Solok Selatan pada tanggal 7 Januari berulang tahun. Seperti biasanya momentum puncak peringatan hari jadi kabupaten yang berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang tersebut ditandai dalam suatu agenda Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Solok Selatan.

Selain itu, para Pejabat dari Provinsi Sumbar, DPRD Provinsi Sumbar, pejabat dan DPRD dari Kabupaten/Kota se-Sumbar, unsur Forkompinda Provinsi, instansi vertikal Provinsi serta berbagai pihak lainnya, dan terutama tokoh pemekaran serta tokoh masyarakat Solsel di undang juga untuk mengikuti serangkaian Sidang Paripurna Istimewa DPRD Solsel dengan agenda Hari Ulang Tahun Solok Selatan.

Saat ini, usia Kabupaten yang hasil pemekaran dari Kabupaten Solok tersebut sudah 19 tahun, sejak ditetapkan menjadi Kabupaten Solok Selatan oleh Pemerintah Pusat pada 7 Januari 2004 silam.

Kegiatan sidang Paripurna Istimewa DPRD Solsel, secara resmi dibuka Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda didampingi pimpinan DPRD lainnya, Armensyah Johan dan Yendri Susanto. Turut hadir, Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Gubernur, Jasman Rizal, Bupati Solsel H. Khairunas, Wakil Bupati Solok Selatan, H. Yulian Efi, Forkopimda Sumbar, Forkopimda Kabupaten Solsel, Anggota DPRD Solsel, serta pada tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda dalam sambutannya menyampaikan " di momentum setiap Hari Ulang Tahun Solok Selatan ini, sudah saat kita selalu bertafakur sejenak untuk mengenang atas jasa dan perjuangan serta menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih pada tokoh-tokoh dan masyarakat Solok Selatan yang sudah berhasil memperjuangkan lahirnya Kabupaten Solok Selatan.

Selain itu, atas nama wakil rakyat, Zigo Rolanda juga menyampai apresiasinya pada Pejabat Bupati Solsel tahun 2004, Aliman Salim, SH, dan Drs. Marzuki Onmar Pejabat Bupati Solsel pada tahun 2005.

Berikut apresiasi juga disampaikan pada Bupati dan Wakil Bupati pertama Drs. Syafrizal - Drs H. Nurfirmanwansyah, A. Pt. MM, kemudian pada Bupati dan Wakil Bupati H. Muzni Zakaria, M. Engga - Abdul Rahman, SH. atas segala daya upaya mereka dalam memimpin Solok Selatan menuju berbagai perubahan.

" Sekarang, di usia 19 Tahun Kabupaten Solok Selatan, sudah saatnya kita semua melompat untuk menuju Solok Selatan maju dan sejahtera, sesuai dengan motto hari jadi kabupaten ini, " ajak Zigo Rolanda.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Politik, Jasman Rizal dikesempatan itu juga menyampaikan apresiasi pada Kabupaten Solsel yang sudah semangkin maju, apalagi didukung dengan keakuran pimpinan didaerah tersebut. Termasuk kabupaten pertama di Sumbar yang pertama mengajukan Rancangan APBD Tahun 2023.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutannya menyampaikan, " secara filosofi sedikitnya ada tiga makna di momentum Hut Solsel ke-19 ini, antara lain mengingatkan kita untuk melihat masa lalu untuk menapak masa kini dan masa depan.

Selain itu, juga menjadikan sarana mawas diri untuk menjadikan kita responsif dalam menghadapi tantangan ke depan, serta menjadi dasar untuk mendesain formula masa depan yang berlandaskan kolaborasi dengan semangat " Super Team " , " jelas Bupati Khairunas.

Bupati Khairunas juga menyampaikan, bahwa momen Hut Solsel ke-19 tahun ini, Pemda Solok Selatan juga mengusung tema " Ayo Kita Melompat, Menuju Solok Selatan yang Maju dan Sejahtera ".

Selanjutnya bupati juga memaparkan visi dan misi Pemda Solsel pada tahun 2022 yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sebagai landasan lompatan.

Antara lain misi yang disampaikan, H. Khairunas tersebut antara lain, Peningkatan SDM yang berkarakter, produktif dan kompetitif. Peningkatan ekonomi kerakyatan dan daya saing daerah. Penguatan tata kelola Pemerintahan yang baik dan melayani. Pembangunan infrastruktur kawasan pertumbuhan, pelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana, serta Pelestarian seni, budaya, olahraga dan penanganan masalah sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Usai pelaksanaan sidang Paripurna Istimewa DPRD dengan agenda Hari Ulang Tahun Solok Selatan ke-19 tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan pemotongan kue ulang tahun. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru