Tiga Wali Nagari di Kecamatan Sungai Pagu Terima Penghargaan Menteri Desa PDTT Tahun 2022

PEMERINTAHAN-559 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Muaralabuh - Tiga Wali Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan peroleh Penghargaan Desa dengan Status Mandiri tahun 2022 dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Wali Nagari yang diberi apresiasi atas kinerja pembangunan desa dalam mencapai status desa mandiri tersebut, diantaranya Afri Yendri (Pj. Wali Nagari Pasir Talang), Zainal. R ( Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh ) dan Zoni Marmis (Wali Nagari Pasir Talang Selatan ).

Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Sungai Pagu, Joko Adrianto kepada Beritaminang.com, Selasa (27/12/2022) menjelaskan bahwa Pemberian Penghargaan Desa dengan Status Mandiri Tahun 2022 tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kepmen Desa PDTT) Nomor 105 Tahun 2022 tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2022.

" Prestasi Wali Nagari dalam mencapai status Desa Mandiri ini berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022 ", jelasnya.

Artinya, ketiga Pemerintahan Nagari ini sesuai hasil IDM telah memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dinagari, pertama terkait ketahanan sosial, kedua indeks ketahanan ekonomi dan ketiga indeks ketahanan lingkungan.

Selain itu, Joko juga menjelaskan beberapa keuntungan lain yang diperoleh nagari atau desa mandiri, yaitu pencairan Dana Desanya hanya dua tahap, serta adanya dukungan dana pembangunan lainnya yang akan diberikan Pemerintah Pusat melalui dana DD," pungkasnya.

Ditempat terpisah Camat Sungai Pagu, Darmansyah, S. Pd mengapresiasi nagari yang sudah berhasil dalam melaksanakan berbagai kebijakan yang sudah ditetapkan Pemerintah.

" Sebagai koordinator Pemerintahan Nagari, kita akan selalu suport wali nagari yang memiliki inovasi dan berdedikasi dalam membangun nagari," katanya.

Sementara itu, Pj. Wali Nagari Pasir Talang Afri Yendri, Pj. Wali Pasar Muara Labuh Zainal. R dan Wali Nagari Pasir Talang Selatan, Zoni Marmis menambahkan bahwa prestasi ini adalah keberhasilan nagari yang sudah memberi kontribusi banyak dalam berbagai kegiatan di Nagari.

Pihaknya juga mengapresiasi seluruh perangkat nagari, mitra kerja pemerintahan nagari yang sudah optimal dalam melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mewujudkan pembangunan masyarakat nagari. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru