Masyarakat Adat di Lingkup KAN Pakan Rabaa Melaksanakan Makan Bajamba Turun Kesawah

PERISTIWA-359 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Pakan Rabaa, Masyarakat adat di lingkup Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD melaksanakan ' Makan Bajamba Turun Kesawah', Sabtu (24/12/2022).

Kegiatan prosesi ' makan bajamba ' yang sebelumnya diawali dengan ' mambatai kabau ' Jumat (23/12/2022) tersebut adalah tradisi dan prosesi budaya jelang turun kesawah atau jelang memulai masa tanam padi.

" Kegiatan membantai kabau ini merupakan bagian dari prosesi adat turun kesawah yang telah dilaksanakan masyarakat Adat Alam Surambi Sungai Pagu Solok Selatan, " jelas Tuanku Rajo Mudo Sutan Mukhwi Vendra saat kegiatan ' makan bajamba ' di Balun, Jumat (24/12/2022).

Baca Juga


Artinya tradisi dan prosesi ini selalu dilalukan jelang turun kesawah yang selalu dilakukan di Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan yaitu melaksanakan ' Mambantai Kabau dan Makan Bajamba '.

Kegiatan Mambatai Kabau Turun Kesawah di Kapalo Banda Balun ini adalah bagian dari rangkaian yang sebelumnya sudah dilakukan kegiatan Mambantai Kabau Nan Gadang Turun Kesawah oleh masyarakat adat dilingkup KAN Pasir Talang. Terakhir nantinya akan ada pula kegiatan Mambantai Kabau Turun Kesawah di Pauh Duo.

Hadir pada kegiatan Makan Bajamba yang dilaksanakan di Masjid Istiqamah Balun tersebut, Kabid Warisan Budaya dan Bahasa Minangkabau Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Aprimas, S. Pd. MM, Pamong Budaya, Bidang Warisan Budaya dan Bahasa Minang Kabau Dinas Kebudayaan Sumbar, Nurdayanti, S. Sos, MM.

Selain itu juga turut hadir Sutan Bareno Rajo Daulat Yang Di Pertuan Tuanku Rajo Bagindo, Raja Adat Alam Surambi Sungai Pagu, Wakil Ketua DPRD Solsel, Armensyah Johan, Tuanku Rajo Mudo Sutan Mukhwi Vendra, Ketua KAN Pakan Rabaa, Yendri Indra Putra Dt. Rajo Maname, Muspika Kecamatan KPGD, dan Koordinator BPP Kecamatan KPGD, Raswan, serta Inyiak Batigo, Sandi Urang Gadang, Penghulu, serta para dubalang di kenagarian tersebut.

Kabid Warisan Budaya dan Bahasa Minangkabau Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Aprimas, S. Pd. MM mewakil Kadis Kebudayaan Provinsi Sumbar dalam sambutannya, menyambut baik dan mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat di daerah tersebut yang telah melestarikan kearifan lokal masyarakat Solok Selatan dalam hal kegiatan jelang musim tanam padi secara serentak.

"Upacara adat ini memiliki makna kebersamaan dan kegotongroyongan karena melibatkan seluruh elemen masyarakat dari tokoh adat, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan anak kemenakan," jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar untuk tahun ini sudah tiga kegiatan memfasilitasi pelaksanaan Membantai Kabau dan Sapi serta dua kegiatan melewakan Gelar Sako Adat di Solok Selatan, yang merupakan dukungan dari dana Pokok Pikiran Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Mario Syahjohan.

" Pemrov Sumbar melalui Dinas Kebudayaan mengapresiasi tradisi kegiatan mambantai kabau, dan makan bajamba serta kegiatan melewakan Gelar Sako Adat yang merupakan kegiatan tradisi dan budaya dalam rangka mendukung pembangunan di Sumbar," jelasnya.

Sementara itu Tuanku Rajo Mudo Sutan Mukhwi Vendra dalam sambutan menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang sudah memberikan dukungan, hingga dilaksanakannya kegiatan Mambatai Kabau Turun Kesawah di Kapalo Bada Balun serta Makan Bajamba.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KAN Pakan Rabaa, Yendri Indra Putra Dt. Rajo Maname, " Kami atas nama lembaga adat di Nagari sangat menyokong kegiatan tradisi ini, dan hendaknya dapat dilanjutkan terus menerus".

Bak pepatah adat, kegiatan ini adalah adat lamo pusako usang. Kedepan tentu anakan kemenakan serta warga masyarakat nagari akan hidup santoso, " harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Solsel, Armensyah Johan atas nama anak kemenakan, menyambut baik terlaksana kegiatan prosesi tradisi dan budaya yang ada di Alam Surambi Sungai Pagu, maupun yang dilaksanakan di Rantau XII Koto yang sudah difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar melalui usulan dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Mario Syahjohan.

" Mario Syahjohan dan Pemrov Sumbar selaku Inisiator hingga terlaksananya kegiatan tradisi dan budaya di daerah ini, pantas kita apresiasi," katanya.

Kegiatan ini adalah murni dukungan untuk pembangunan tradisi dan budaya di daerah ini, dan tidak perlu menjadi kecemasan untuk ajang politik, meski terwujudnya kegiatan ini atas inisiator dari Mario Syahjohan selaku orang politik.

" Kedepan sudah saatnya kita menghilangkan sakwa sangka kegiatan pembangunan yang sudah di usulkan oleh para pelaku politik pada pemerintah, apalagi kegiatan ini untuk membangun kebudayaan dan tradisi di daerah, " jelasnya.

Bahkan Armen Syahjohan berjanji akan mengajak semua pelaku politik didaerah ini untuk saling mendukung dalam berbagai kegiatan untuk kepentingan masyarakat. Apalagi masing-masing pelaku politik atau anggota dewan juga kemenakan dari pada pemangku adat," pungkasnya.

Sedangkan pihak BPP Kecamatan KPGD, Raswan menjelaskan bahwa Musim Tanam (MT) bagi masyarakat petani di wilayah Kecamatan KPGD, Solsel sesuai dengan kondisi tanaman padi saat ini, akan dilaksanakan pada Januari tahun 2023.

Sedangkan varietas yang sesuai dengan lahan pertanian masyarakat tani di daerah tersebut adalah varietas Banang Pulau, dan varitas Bujang Merantau. Apalagi kedua varietas tersebut sudah pula di verifikasi atau sudah disertifikasi oleh Dinas Pertanian.

Sementara itu, Ketua Pelaksanaan kegiatan ' Mambantai Kabau Turun Kesawah di Kapalo Banda ' di wilayah adat KAN Pakan Rabaa tersebut, Herman Inyiak Jindo (Kepala Suku Nan Batujuah Diateh Parik) didampingi Sekretaris Drs. Syahyuti Ali Dt. Rajo Batuah dan Bendahara kegiatan Dosiswandi Dt Bando Sati serta Sandi Urang Gadang Tuangku Rajo Bagindo, M. Nasir Dt. Rajo Bintang menjelaskan, " kegiatan ini diawali dengan musyawarah adat oleh

Inyiak Batigo, Sandi Urang Gadang, Penghulu, serta para dubalang di kenagarian tersebut.

" Sedikitnya tercatat sebanyak

130 orang pemangku adat di wilayah KAN Pakan Rabaa turut ambil bagian dalam kegiatan ini," jelasnya. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru