Pemko Pekanbaru Sambut Baik Kunjungan Pemko Sawahlunto Sertakan Sejumlah Wartawan

PEMERINTAHAN-131 hit

Penulis: Ind | Editor: Redaktur

PEKANBARU- Sejumlah pekerja media bersama Wakil Walikota Sawahlunto H.Zohirin Sayuti bersilaturahmi ke Dinas Kominfo Pekanbaru untuk melihat dari dekat pola kerja satuan kerja Kominfo Kota Pekanbaru yang menjadi pusat perhatian dari kunjungan muhibah Pemko Sawahlunto bersama wartawan berbagai platform, baik cetak, radio, maupun cyber, di Komplek Perkantoran Walikota Pekabaru, Tenayan Raya, Kamis (24/12/2022).

Rombongan sekitar 22 orang dari Sawahlunto tersebut diterima Pemko Pekanbaru melalui Plt Kadis Kominfo Kota Pekanbaru Tri Sepna Saputra, SSTP, M.Si yang baru dilantik beberapa hari lalu. Kemudian Kabid Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Dedi Damhudi, AP, M.Si, Rahmilia Mirna Gemala, ST, Drs.Fakhrizal.

Zohirin diberi kesempatan untuk mempresentasikan tentang geografis Kota Sawahlunto yang sebelumnya terancam sebagai "Kota Hantu" akibat terus menurunnya deposit tambang batubara Ombilin sebagai sumber utama ekonomi masyarakat yang kini berpopulasi sekitar 67 ribu jiwa.

Hal itu diperparah oleh tidak beroperasinya korporasi PT Bukit Asam Tbk. Namun kondisi itu menurut Zohirin terjadi pada masa transisi disaat ditutupnya operasional penambangan batubara sekitar tahun 2002 silam.

Diteruskan Zohirin, semenjak adanya kebijakan terhadap pengelolaan aset atau gedung-gedung peninggalan Belanda yang masih terawat baik, Sawahlunto justru berkembang sebagai "Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya 2020" sebagaimana dikuatkan dengan Perda No.2 Tahun 2002. Terakhir ditetapkan sebagai Kota Warisan Dunia atau Worl Heritage oleh badan dunia UNESCO.

Plt Kadis Kominfo Tri Sepna Saputra menyebutkan Dinas Kominfo sudah ada sejak 2017 silam, namun kegiatannya sebelum masih dinamai Humas Pemko, sekarang menjadi Prokopim untuk dua tahun ini. Hal-hal yang berkaitan dengan kerjasama media masih dibawah Prokopim dan InsyaAllah ditahun depan yang berkaitan dengan kemitraan media sudah berada di Dinas Kominfo sesuai regulasi yang ada.

Dari pertemuan yang dirasakan, Tri Sepna Saputra sangat menyambut baik kedatangan Wako Zohirin Sayuti yang datang bersama rombongannya terdiri dari para pekerja media."Ini sebuah kehormatan baru pertama kali pejabat Wakil Walikota menjadi tamu kami yang datang membawa mitra wartawannya." Kata Tri Sepna.

Tri Sepna, berkeinginan untuk datang ke Sawahlunto melihat dunia kepariwisataan kota tambang tua yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Dia ingin menggali dan berbagi pengalaman bagaimana Sawahlunto menata potensi wisatanya sebagai kota warisan dunia.

"InsyaAllah, lain waktu kami akan datang bersilaturahmi sebagai kunjungan balasan. Kalau sekarang masih belum bisa karena banyak hal yang harus ditata dan diselesaikan karena baru beberapa hari ini dilantik sebagai Plt Kadis Kominfo." Ungkapnya.

Dalam diskusi informal antara kedua belah pihak, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kominfo memaparkan berbagai kebijakan dan regulasi terkait pemanfaatan media sebagai mitra Pemko, yang diatur dalam Perwako agar media dapat diakomodasi selaku mitra sesuai ketentuan berlaku dan saling menguntungkan.

Sementara, Dedi Damhudi Kabid Pengelolaan Informasi menambahkan, ditengah kondisi anggaran yang sulit di Pemerintahan Kota Pekanbaru, pihaknya dalam menyampaikan berbagai informasi kini sering memanfaatkan media sosial, selain media massa.

Seperti panfaatan seluruh media yang ada seperti facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, dan lainnya. Sementara untuk kerjasama media masih tetap ada namun disesuaikan dengan kondisi dan persyaratan yang ada.

Ikut dalam rombongan Asisten III Halomoan, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Susilo, Kasi Informasi Komunikasi Publik Citra Eng Gusti. (Ind)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru