Sepanjang Hari Ini Terjadi Bencana Alam Pada Lima Titik Di Kabupaten Agam

PERISTIWA-596 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

AGAM - Sepanjang Selasa(15/11) terjadi bencana alam di Kabupaten Agam (Sumbar) pada lima titik. Semuanya dipicu akibat intensitas hujan yang tinggi, diserta badai atau angin kencang.

Pertama terjadi Bencana berupa tanah lonsor di batu apik, Malalak Timur, Kecamatan Malak sekitar pukul 3.00 wib,dini hari, mengakibatkan jalan alternatif Propinsi dari Balingka lewat Malak ke Sicincin tertimbun, sehingga jalan tersebut sempat ditutup beberapa jam.

Musibah kedua terjadi di jorong Pahambatan Nagari Balingka,Kec.Ampek Koto, berupa tanah lonsor yang menimpa dapur rumah Syahril, dengan kerusakan ringan.

Baca Juga


Bencana ketiga berupa pohon tumbang, di lintasan jalan Maninjau - Padang Lua, tepatnya di nagari Sungai landiea, kejadian diketahui pukul 11.30 wib

Dampaknya, ohon tumbang tersebut menutupi sebagian badan jalan, namun kenderaan masih bisa lewat,meski terpaksa buka tutup selama pembersihan matrial pohon yang tumbang

Bencana berupa Pohon Tumbang ini,juga terjadi sehari sebelumnya (senin14/11), di Hilir Simpang tiga Kec. Lubuk Basung, namun laporannya baru diterima BPBD Agam pada Selasa,(15/11).

Dampak dari pohon tumbang itu, menimpa teras rumah warga,milik Nuke Harsanti ( 35 th), Pekerjaan Berdagang

Jumlah Tanggungan Pasutri dan 2anak

Bencana yang kelima

Longsor di Dusun Durian Jorong Sungai Angek Nagari Simarasok Kec. Baso.

Kejadian pada pukul 0.30 wib.

Lonsor ini juga dipicu hujan deras yang terjadi sebelumnya, dampaknya bahu jalan desa /Jalan Cor ambruk sepanjang 4 meter,

Sehingga pengguna jalan di minta hati2 saat melintasi jalan, jelas Kalaksa BPBD Agam Bambang Warsito

Sampai sore Selasa(15/11) menurut Bambang Warsito, tim penanggulangan bencana yang terdiri dari BPBD,TNI,POLRI, pemerintahan nagari,kecamatan dan masarakat dilokasi bencana dengan semangat kebersamaan, telah berhasil mengevakuasi semua matrial lonsor, baik matrial yang menimbuni badan jalan di batu apik Malalak Timur, maupun matrial lonsor yang mengenai dapur rumah Syahril di Balingka,serta matrial pohon yang tumbang telah berhasil di bersih semuanya.

" Bersukur kita ,pada lima titik bencana itu,tidak ada korban jiwa," jelas Bambang

( Yus )

Loading...

Komentar

Berita Terbaru