Bupati Khairunas Menilai, Lubuk Ulang Aling Bukan Daerah Tertinggal

KESEHATAN-584 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro - Rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kabupaten Solok Selatan telah dilangsungkan selama dua pekan sudah.

Pada Sabtu malam (12/11/2022), tepatnya di Jorong Tanah Galo Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari, rangkaian tersebut ditutup dengan kegiatan Camping Ground.

Camping ground tersebut merupakan bentuk dukungan dan totalitas pemerintah untuk bersama-sama mendukung segala bentuk ketertinggalan di Solok Selatan. Kegiatan bermalam bersama di Tanah Galo ini diikuti langsung oleh Bupati Solok Selatan H Khairunas, Wakil Bupati H Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda beserta sejumlah anggota DPRD, Sekdakab, Kapolres diwakili Kabag Ops, Kepala OPD dan perwakilan UPT Puskesmas, Rumah Sakit dan Organisasi Profesi Keshatan.

Untuk menuju lokasi, Bupati yang mengendarai sendiri mobil off road tersebut, menempuh perjalanan darat yang cukup sulit selama lebih kurang 4 jam perjalanan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Solok Selatan H Khairunas mengapresiasi seluruh jajaran yang telah mensukseskan peringatan HKN tahun ini. Yang telah dilaksanakan oleh 8 UPT Puskesmas pada 7 kecamatan.

"Pengabdian masyarakat melalui Puskesmas Sehatkan Nagari ini dapat membantu masyarakat terkait permasalahan kesehatan," ungkap Khairunas di hadapan masyarakat Tanah Galo yang hadir memenuhi lapangan di puskesmas setempat.

Pemenuhan layanan kesehatan lebih dekat dengan masyarakat, yang menghadirkan dokter spesialis pada setiap kecamatan. Selain itu pada tahun 2022, melalui APBD kabupaten, juga telah dilakukan penambahan 2500 orang peserta BPJS Kesehatan baru.

"Kita berharap agar seluruh masyarakat dapat tercover dengan program BPJS Kesehatan," tegasnya.

Sekaitan dengan pelaksanaan Camping Ground di Lubuk Ulang Aling (LUA), menurut Khairunas LUA sebenarnya bukanlah daerah tertinggal. Tapi sebenarnya input datanya yang tertinggal, sehingga dianggap tertinggal. Dalam pengamatan kami, Nagari Lubuk Ulang Aling jauh lebih maju sebenarnya dari daerah lain.

Selain itu, upaya mendukung peningkatan akses jalan ke LUA, Bupati menginstruksikan kepada Dinas PUPR agar segera mengoperasionalkan alat-alat berat pada dinas tersebut, untuk memperbaiki jalan ke daerah tersebut.

"Tahun ini kita sudah sediakan 3 unit ekskavator, ditambah tahun depan beberapa unit alat berat beserta peralatan lainnya. Alat tersebut termasuk diprioritaskan untuk membantu perbaikan titik-titik kerusakan di ruas Lubuk Ulang Aling ini," ungkapnya tegas.

Sementara akses jaminan kesehatan bagi masyarakat Solok Selatan, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD, DPRD Solsel sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan cakupan BPJS Kesehatan.

Untuk diketahui, Nagari Lubuk Ulang Aling termasuk daerah terpencil di Sumatera Barat. Peningkatan akses jalan dan juga sulitnya sinyal telekomunikasi menjadi tantangan pemerintah untuk mengentaskannya.

Pada kegiatan HKN di Lubuk Ulang Aling didatangkan sebanyak empat orang dokter spesialis bedah, kandungan, anak, dan penyakit dalam.

Data Dinas Kesehatan Solok Selatan menyebutkan sebanyak 1.822 pasien telah dilayani selama peringatan HKN ke-58 di Solok Selatan yang tersebar di 7 kecamatan. Bahkan pelayanan dilakukan dengan mendatangi berbagai UPT, nagari, dan juga rumah-rumah masyarakat. Relis (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru