Siapkan Atlit Cabor Hadapi Porprov XVI Mendatang, Sawahlunto Gelar PORKOT

OLAHRAGA-595 hit

Penulis: Iyos | Editor: Medio Agusta

SAWAHLUNTO - Guna mempersiapkan atlit cabang olahraga menghadapi PORPROV XVI Sumbar mendatang, Kota Sawahlunto menggelar Pekan Olahraga Kota (PORKOT) dengan melibatkan peserta 692 atlit dari 15 cabang olah raga yang dipertandingkan.

Selain itu, panitia juga mengikutsertakan 111 juri dari berbagai cabang olah raga. Penyelenggaraannya dibuka Walikota Deri Asta, dilapangan Ombilin, Sawahlunto, Sabtu (12/11/2022) petang.

Hadir diacara tersebut Ketua KONI Sumbar Roni Pahlawan Azwar Anas, Wakil Walikota Zohirin Sayuti, Ketua DPRD Eka Wahyu, Ketua KONI Sawahlunto Muryanto, unsur Forkopimda, dan sejumlah Pimpinan OPD serta undangan lainnya.

Baca Juga


Ketua penyelenggara PORKOT Yanuardi, kepada beritaminang.com mengatakan, PORKOT merupakan representasi pembinaan prestasi olahraga diseluruh Kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto.

Dan juga sebagai ajang penentuan atlet dan pelatih yang disiapkan untuk PORPROV XVI dari Kota Sawahlunto, selain sebagai motivator bagi masyarakat dalam menggiatkan olahraga untuk selalu bugar.

Yanuardi menjelaskan, pesertanya berjumlah 602 orang terdiri dari atlet dan official cabang olahraga yang dipertandingkan dari 4 kecamatan yang ada, Kec.Talawi, Kec.Barangin, Kec.Lembah Segar, dan Kec.Silungkang.

Sedangkan untuk peserta wasit/juri diseluruh cabor diikuti oleh 111 orang, dan 45 orang dari Panitia pelaksana PORKOT 2022. Total peserta keseluruhan dari kegiatan ini berjumlah 758 orang dengan melibatkan tenaga keamanan Polri, TNI, Satpol PP serta tim medis dan nakes.

"Untuk cabang yang dipertandingkan ada 15 Cabang yang di pertandingkan untuk memperebutkan 179 Medali terdiri dari 179 Emas, 179 Perak, 179 Perunggu." Tutur Yanuardi dengan nada datar.

Ketua KONI Sawahlunto Kapten (Purn) Muryanto mengingatkan seluruh kontingen untuk menjaga sportifitas dan berkompetisilah dengan penuh semangat agar meraih prestasi yang membanggakan.

Ketua KONI Sumbar Roni Pahlawan Azwar Anas dibagian sambutannya menuturkan rasa

bangganya Sawahlunto mampu melaksanakan iven PORKOT ini.

Dia mengingatkan, UU Olahraga akan mengalami perubahan, dimana setiap atlit tidak gampang melakukan perpindahan atau mutasi, segala sesuatu tentang itu akan diatur dalam UU tersebut.

Dikemukakan Roni Pahlawan, KONI Sumbar dengan segala keterbatasannya tetap melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi PON 2024. Oleh sebab itu, mulai dari PORKOT diharap lahirkan bibit-bibit cabor yang mampu mengangkat Sumatera Barat dipentas nasional.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi dan semangat bagi daerah lainnya dibidang prestasi cabor. Dan IbsyaAllah nantinya KONI akan mengkolabarasi kegiatan keolahragaan dengan iven pesta rakyat lainnya termasuk dengan kegiatan paralayan". Kata Roni

Sementara, Wako Sawahlunto Deri Asta, dibagian sambutannya mengingatkan seluruh peserta untuk dapat menunjukkan prestasinya masing-masing. Sportifitas dan semangat juang untuk meraih prestasi atlit harus dijaga.

"InsyaAllah, dengan perjuangan dan semangat dan sportifitas yang tinggi akan memperoleh hasil yang diinginkan dalam meraih prestasi. Ucap Deri Asta. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru