PDAM TSS Bakal Benahi Jaringan Distribusi Air di Pusat Pemerintahan Solsel

PEMERINTAHAN-190 hit

Penulis: AA | Editor: Redaktur

Padang Aro, PDAM Tirta Saribu Sungai Sungai Solok Selatan, terus melakukan pembenahan berbagai fasilitas ketersediaan dan pendistribusian air pada pelanggan dalam rangka mewujudkan pelayanan yang lebih maksimal.

Ada beberapa pembenahan yg telah dilakukan diantaranya, revitalisasi sumber Alai Sako dan koneksi pipa untuk pelanggan di pasar baru Muaralabuh. Sehingga saat ini distribusi air untuk rayon tersebut telah lancar.

Selain itu juga ada perbaikan-perbaikan di sumber air dan jaringan distribusi serta penambahan-penambahan accesories untuk peningkatan pengaturan distribusi air ke pelanggan.

Baca Juga


Sementara pada tahun ini, sedikitnya ada tiga usulan kegiatan yang sudah diajukan pada pada Pemda Solsel, antara lain optimalisasi jaringan pipa transmisi untuk wilayah Sangir, penambahan jaringan pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) Sangir dan rehap Spam sumber mata air PDAM di Sungai Pandan Abai.

" Ada beberapa usulan untuk optimalisasi pendistribusian air pada pelanggan, terutama untuk pelanggan yang berada di pusat Pemerintahan Kabupaten, " jelas Direktur PDAM TSS Solsel, Syamsuar Sjafrudin, ST, didampingi Kasi Perencanaan PDAM, Asri Yunaldi di ruang kerjanya Kamis (10/11/2022).

Dijelaskannya, bahwa dilakukannya usulan optimalisasi jaringan pipa transmisi tersebut dikarenakan kondisi pipa sudah lama. Selain itu juga sebagai antisipasi kesulitan saat melakukan perbaikan Jaringan Distribusi air ke pelanggan, karena keberadaan pipa sudah banyak yang berada ditengah-tengah jalan.

Diantaranya pipa distribusi PDAM TSS yang berada di tengah-tengah jalan utama di pusat pemerintahan Kabupaten Solsel itu, diantaranya seputaran RTH Padang Aro dan di beberapa jalan utama kota Padang Aro," jelasnya.

" Jadi kebocoran pipa selama ini disebabkan oleh usia pipa sudah lama, serta dan adanya pekerjaan lain yang dilakukan, dan banyaknya posisi pipa sudah berada di tengah-tengah jalan, dan banyak yang sudah tidak diketahui," kata Syamsuar Sjafrudin.

Sementara itu usulan Rehap Spam di Sungai Pandan Abai, yang merupakan sumber mata air, dengan kapasitas 10 liter per detik serta bisa melayani 2000 pelanggan.

Selain itu juga adanya beda Elefasi Sumber dengan tempat pelayanan. Apalagi saat ini masih pendistribusian air dari sumber masih menggandalkan Grafitasi.

" Jadi adanya usulan rehap Spam tersebut dengan adanya penambahan alat untuk penunjang agar tekanan air ke pelanggan sangat kuat," jelasnya

Saat ini dari jumlah pelanggan PDAM TSS di Abai Kecamatan Sangir Batang Hari tercatat sebanyak 171 pelanggan, dan sangat berpotensi untuk dikembangkan. Apalagi di daerah tersebut masyarakatnya juga sangat kesulitan untuk ketersediaan sumber air bersih, selain dari Sumber PDAM TSS, " pungkas Syamsuar Sjamsudin. ST.

Selain usulan tersebut, pihak PDAM TSS Solsel pada tahun 2023 nanti juga bakal melakukan pengembangan sumber air baku di rayon Lasung Batu, Kec. Pauh Duo, " pungkasnya. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru