Berita Pariwara |

Bupati H. Khairunas: MoU PDAM Momentum Kemajuan Solsel Pelayanan Pada Masyarakat

EKONOMI-758 hit

Padang Aro - PDAM Tirta Saribu Sungai berupaya untuk terus meningkatkan pelayanannya dalam menyalurkan air bersih di Kabupaten Solok Selatan. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan melakukan kerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Padang.

Kerja sama ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua belah pihak. Kerja sama ini meliputi peningkatan pengelolaan dan pengembangan PDAM.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (26/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan ditandatanganinya MoU ini bisa menjadi momentum dalam kemajuan Kabupaten Solok Selatan dalam pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini penyaluran air bersih.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-direktur-pdam-tss-saat-teken_foto2_271022070154.jpeg

Direktur PDAM Tirta Saribu Sungai Syamsuar Sjafrudin, ST saat menandatangani MoU disaksikan Bupati Solsel H. Khairunas, Rabu (26/10/2022).

"Kerja sama ini merupakan representasi komitmen dari pemerintah daerah untuk terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya minta kepada Direktur PDAM untuk menyerap hal-hal yang baik dari kerja sama ini dan menerapkannya," kata Khairunas.

Bupati menyebutkan, saat ini cakupan pelayanan PDAM di Solok Selatan masih rendah dibandingkan dengan cakupan jumlah penduduk di Solok Selatan. Untuk itu, hal ini harus segera dilakukan percepatan agar seluruh penduduk bisa menikmati akses air bersih.

Direktur Utama PDAM Tirta Saribu Sungai Syamsuar Sjafrudin, ST, mengatakan MoU ini merupakan momen bersejarah untuk perusahaan yang dipimpinnya. Untuk itu perusahaan berkomitmen untuk berubah ke tempat yang lebih baik ke depannya.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-direktur-pdam-kota-padang-saat-teken_foto1_271022070154.jpeg

Direktur Perumda Air Bersih Padang Hendra Pebrizal, saat menanda tangani MoU saat kerjasama dengan PDAM Tirta Saribu Sungai Solsel di aula Sarantau Sasurambi, Rabu (26/10/2022).

"Seperti diketahui selama ini pelayanan air bersih belum sesuai harapan. Kita mulai berbenah memperbaikinya dari hulu sampai hilir," kata Sjamsuardi di kesempatan yang sama.

Direktur Perumda Air Bersih Padang Hendra Pebrizal menyebut Solok Selatan memiliki potensi sumber air bersih yang banyak dan layak. Pihaknya berkomitmen untuk membantu pembenahan dan memberikan ilmu yang dibutuhkan oleh PDAM Tirta Saribu Sungai hingga cakupan pelayanan publik makin meningkat.

"Besar potensi, masih ada 3 kecamatan yang belum dapat akses air bersih, 20 ribu sampai 30 ribu calon pelanggan yang potensial. Dengan begitu berarti pemerintah sudah suskses memberikan layanan dasar kepada masyarakat," katanya.

Adapun kerja sama ini berlaku sejak ditandatangani hingga satu tahun ke depan. Meski demikian, peluang perpanjangan masih bisa dilakukan hingga tercapai tujuan yang diharapkan oleh kedua belah pihak.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-bupati-solsel-turut-teken_foto4_271022070156.jpeg

Bupati Solsel H. Khairunas turut menanda tangani, saat MoU antara PDAM Tirta Saribu Sungai dengan PDAM Kota Padang, di aula Sarantau Sasurambi, Rabu (26/10/2022).

Untuk diketahui, berdasarkan data BPS Solok Selatan per 31 Desember 2021 jumlah pelanggan PDAM Tirta Saribu Sungai sebanyak 13.755 pelanggan. Didominasi oleh pelanggan rumah tangga sebanyak 12.438 pelanggan.

Sementara dari peralatan yang dimiliki, saat ini memiliki kapasitas produksi terpasang mencapai rata-rata 19 liter per detik dan kapasitas produksi terpakai rata-rata sebesar 10 liter per detik.

Usai kegiatan tersebut Direktur PDAM Tirta Saribu Sungai Solok Selatan Syamsuar Sjafrudin, ST menjelaskan bahwa PDAM Tirta Saribu Sungai Solok Selatan terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan agar menjadi lebih baik.

Bahkan baru-baru ini berdasarkan hasil penilaian kinerja oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sumbar tahun 2021, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saribu Sungai Kabupaten Solok Selatan statusnya berubah menjadi "sehat".

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-bupati-solsel-saat-menyambut-rombongan-pdam-kota_foto3_271022070155.jpeg

Bupati Solsel, didampingi Direktur PDAM Tirta Saribu Sungai Syamsuar Sjafrudin, ST, Forkopimda, Staf Ahli Bupati saat menyambut rombongan Direktur Perumda Air Bersih Padang Hendra Pebrizal diruang kerja Bupati Solsel, Rabu (26/10/2022).

"Kita harus kerja keras dan terus berbenah dalam upaya menjadikan perusahaan tetap sehat dan mampu mewujudkan harapan pelanggan dalam berbagai layanan," kata Pejabat Direktur PDAM TSS, Syamsuar Sjafrudin, ST didampingi Kabag Umum, Donaldi. R dan Kabag Teknik Andri Sukanedi.

Artinya pada tahun ini juga PDAM TSS juga mendapat peningkatan dari hasil penilaian kinerja dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumbar.

Upaya peningkatan kinerja secara konsinten dari Tahun Anggaran (TA) 2009- 2021 berdasarkan Indikator Evaluasi Kinerja dari Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dengan progress hasil nilai kinerja pada tahun 2019 nilai 2,42 (kurang sehat), pada tahun 2020 nilai 2,65 (kurang sehat) dan tahun 2021 dengan nilai 2,82 (sehat), " dan hal ini merupakan hasil yang cukup memuaskan karena sejak berdirinya PDAM baru sekarang mendapatkan hasil penilaian "sehat" ungkapnya

Bahkan guna meningkatkan pelayanan pada pelanggan, baik Bagian Teknik maupun Bagian Umum, pihak manajemen PDAM TSS Solok Selatan itu, bakal membuat sistem zonasi dalam pemberian layanan. (ADV)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru