Berita Pariwara |

Bupati H. Khairunas Lakukan Diaktivasi, Solsel Resmi Launching Identitas Kependudukan Digital

PEMERINTAHAN-226 hit

Padang Aro - Kabupaten Solok Selatan resmi merilis Identitas Kependudukan Digital (Digital ID). Dengan demikian pengelolaan administasi kependudukan di Solok Selatan saat ini sudah berbasis digital yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien untuk masyarakat.

Launching ini ditandai dengan diaktivasinya digital ID oleh Bupati Solok Selatan H. Khairunas.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan adanya digital ID ini akan mempermudah dan mempercepat pelayanan, dapat mencegah data ganda, dan mengamankan identitas melalui sistem yang sudah disiapkan guna mencegah kebocoran data.

Baca Juga


https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-bupati-solsel-dan-wabup-lakukan-foto_foto5_261022092625.jpeg

Bupati H. Khairunas, Wabup H. Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres Solsel, Plt. Kadis Dukcapil Efi Yandri beserta Nara Sumber dan pejabat lainnya foto bersama dengan perwakilan siswa penerima Kartu Identitas Anak dan peserta sosialisasi Digital ID di aula Sarantau Sasurambi, Rabu (26/10/2022).

"Urusan administrasi kependudukan adalah salah satu urusan pemerintah dan strategis sehingga diharapkan mampu dan bisa memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan proporsional," kata Khairunas dalam launching Digital ID, Rabu (26/10/2022).

Bupati juga mengharapkan dengan sudah dirilisnya identitas digital ini maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bisa melakukan percepatan perubahan untuk penerapan identitas digital. Camat dan nagari juga harus ikut membantu dalam mensosialisasikannya di wilayah masing-masing.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Efi Yandri mengatakan digital ID ini ke depannya akan mempermudah masyarakat dalam melakukan identifikasi diri.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-wabup-sosel-serahkan-identias-anak_foto3_261022092624.jpeg

Wabup Solsel H. Yulian Efi menyerahkan Kartu Identitas Anak kepada siswa SD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Solok Selatan secara simbolis.

Selain itu, dari segi pemerintah akan lebih mudah dalam pengelolaan informasi dan administrasi kependudukan. Muaranya akan lebih mudah dalam pelayanan kepada masyarakat karena sudah menerapkan sistem digital.

Launching Digital ID ini dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan. Selain dihadiri oleh Bupati, juga turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan, Ketua DPRD Solok Selatan, Kapolres Solok Selatan, asisten, staf ahli, dan kepala OPD.

Bersamaan dengan launching ini juga dilakukan penyerahan Kartu Identitas Anak kepada siswa SD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Solok Selatan.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ketua-dprd-solok-selatan-serahkan-kartu-identitas-siswa_foto2_261022092624.jpeg

Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda turut menyerahkan Kartu Identitas Anak kepada siswa SD di lingkungan pemerintahan Kabupaten Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (26/10/2022).

Lebih lanjut, Efi Yandri menjelaskan, bahwa peserta Sosialisasi Terkait Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kabupaten Solok Selatan Tahun 2022, terdiri Wali Nagari dan Operator SIAK Terpusat se-Solsel.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-plt-kadis-dukcapil-saat-menyampaikan_foto4_261022092624.jpeg

Plt. Kadis Dukcapil Efi Yandri, saat lounching Identitas Kependudukan Digital (Digital ID) di aula Sarantau Sasurambi, Rabu (26/10/2022).

Sedangkan Nara Sumber sosialisasi antara lain dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Drs. H. Efi Yandri, M.Si., Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.

https://www.beritaminang.com/photos/foto/foto-ringkasan-kegiatan-disdukcapil-solok_foto1_261022092624.jpeg

Hasil dari kegiatan itu diharapkan peserta dan Petugas SIAK Terpusat Dinas Dukcapil akan dapat melayani masyarakat Solsel, khususnya dalam penerapan Identitas Kependudukan Digital (Digital ID). (ADV)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru