BPJS Ketenagakerjaan Solok Lakukan Program Promotif dan Preventif

KESEHATAN-525 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro, 13/10 (Antara) - BPJS Ketengakerjaan Cabang Solok melaksanakan program promotif dan preventif kepada perusahaan dan menyerahkan bantuan 75 paket alat pelindung diri (APD) sebagai sarana Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi perusahaan yang tertib membayar iuran.

"Penyelenggaraan kegiatan promotif dan preventif ini selain untuk membantu perusahaan dalam melaksanakan K3 sekaligus untuk apresiasi kepada perusahaan yang tertib data kepesertaan dan iuran," kata Kepala Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Solok, Maulana Anshari Siregar, di Solok, Kamis.

Dia menjelaskan, selain tertib iuran kriteria perusahaan yang mendapatkan bantuan kegiatan promotif dan preventif inj antara lain telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal tiga tahun, kedua tertib administrasi kepesertaan.

Baca Juga


Seterusnya telah mendaftarkan seluruh pekerjanya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan serta upah pekerja yang dilaporkan minimal UMK/UMP.

Dia mengatakan kegiatan promotif dan preventif ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya dalam menjalin pendekatan yang baik dengan perusahaan, pengusaha maupun tenaga kerjanya.

Pemberian paket APD kepada pekerja tersebut diharapkan dapat bermanfaat dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

"Kami berharap dengan bantuan kegiatan promotif dan preventif akan terwujud sinergitas dan harmonisasi antara pemberi kerja dan pekerja dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja dengan meminimalisir angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

Selain itu katanya, juga sebagai sarana sosialiasi, edukasi, dan informasi kepada stakeholder BPJS Ketenagakerjaan mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

Bantuan APD sendiri dinerikan kepada perusahaan Trijaya Putra dan Pratama Putra Sejahtera yang bergerak di bidang pertanian, perikanan perkebunan, dan kehutanan masing-masing 31 paket.

Selanjutnya kepada Berangkit Jaya Abadi, CV Sungai Badak, dan CV Lusi Kontraktor masing-masingg lima paket yang terdiri dari safety helmet konstruksi, safety gloves dan rompi keamanan tali silang.

Selain kegiatan penyerahan paket APD, sebelumnya juga telah dilakukan dilakukan pelatihan K3 secara online kepada 5 perusahaan, pelatihan kader norma K3 (KNK) kepada 7 perusahaan, pemberian bantuan bahan pangan bergizi kepada 2 perusahaan, dan pelaksanaan Webinar Nasional yang diundang khusus kepada 5 perusahaan sektor perkebunan. (AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru