Soal Keamanan Komputer, Kominfo Padang Panjang Gelar Pelatihan bagi Narahubung OPD

PEMERINTAHAN-275 hit

Penulis: Harris/Lex | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Dinas Kominfo Padang Panjang menggelar pelatihan bagi Narahubung (Point of Contact) seluruh OPD guna meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan terhadap berbagai insiden yang mengancam keamanan komputer, Senin (5/9/2022) di Aula Kantor Kominfo.

Narahubung ini tersambung dengan Tim Koordinasi Tanggap Insiden Keamanan Komputer Kota Padang Panjang (Computer Security Incident Response Team). Dikenal dengan nama PapaKota-CSIRT.

Kepala Dinas Kominfo diwakili Kepala Bidang e-Government dan Teknologi Informasi, Jimmi Saputra, S.Sos, M.PSc, M.T menyampaikan, pentingnya keamanan komputer yang memuat data dan informasi di setiap OPD.

"Keamanan data dan informasi pada komputer tiap-tiap OPD mesti terjaga dengan baik. Kalau tak waspada, akibatnya dicuri dan bisa disalahgunakan. Inilah perlunya pelatihan bagi narahubung. Setebal apapun keamanan, kalau ada bug bisa ditembus. Kita semua harus peduli dalam menanggapi keamanan komputer," katanya.

Adapun di antara arahan pada pelatihan yang diberikan Narasumber dari Kominfo Sumbar, Eko Paisal, S.Kom, M.M, bila komputer terhubung dengan jaringan internet, jangan sembarangan klik link yang dikirim pihak yang tidak dikenal.

"Lakukan pencatatan serangan komputer dan cara menanggulanginya. Kalau ditemukan ancaman serupa bisa diatasi. Kalau ada kemampuan menangani insiden komputer, lakukan. Kalau tidak bisa, diteruskan ke PapaKota-CSIRT," ujarnya.

Eko meminta, narahubung menyimpan hasil bukti serangan virus dan penanganannya. Kemudian pada pelatihan ini narahubung diberikan pengetahuan jenis virus, bahayanya, serta cara menghindarinya. (Harris/Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru