Forikan Pessel Gelar Lomba Memasak Serba Ikan, Bupati Rusma: Jaga Sumber Daya Perikanan

EKONOMI-406 hit

Penulis: Rnd/Je | Editor: Marjeni Rokcalva

PAINAN - Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Lomba Memasak Serba Ikan se-Kabupaten Tahun 2022, bertempat di Auditorium Painan Convention Centre (PCC) Painan, Rabu (31/8) pagi ini. Kemudian dilanjutkan, Pengukuhan Pengurus Forum Komsumsi Ikan (Forikan) Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan untuk Masa Bhakti 2022 s/d 2025.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus SPi selaku Panitia Penyelenggara mengatakan, Lomba Memasak Serba Ikan ini mengangkat tema; Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak. Dengan tema ini ia berharap dapat mempromosikan upaya peningkatan gizi masyarakat dan membentuk generasi yang kuat dan sehat.

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan, tujuan lomba memasak serba ikan ini adalah memberikan motivasi kepada peserta agar mampu menyajikan varian masakan dari bahan baku ikan, memiliki cita rasa khas; enak dan bergizi. Peserta lomba, yakni lima belas kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga


Sementara itu, Ketua Forikan Sumbar diwakili Yolia Madona SP, dalam sambutannya mengatakan, Pembentukan Forikan di Kabupaten/Kota merupakan wujud kepedulian Forikan Sumatera Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Gemar makan ikan perlu ini dibudayakan. Apalagi Kabupaten Pesisir Selatan sebagai daerah sentra ikan di Sumatera Barat,"tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Yunesti Rusma Yul Anwar, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Selatan dalam sambutannya saat dikukuhkan sebagai Ketua Forikan Kabupaten Pesisir Selatan untuk masa bhakti 2022 s/d 2025 oleh Bupati Pesisir Selatan, Ruma Yul Anwar dengan Surat Keputusan Nomor 800/271/Kpts/BPT/2022, tentang Forum Peningkatan Komsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Pesisir Selatan untuk masa bhakti 2022 s/d 2025, yang dihadiri oleh Ketua Forikan Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Forikan Sumbar, Yolia Madona SP.

"Forikan Kabupaten Pesisir Selatan memilki visi untuk menciptakan sdm yg unggul, berkarakter dan berdaya saing tentulah dimulai dari keluarga,"ujarnya.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, mengucapkan selamat bertugas kepada Pengurus Forikan Kabupaten Pesisir Selatan. Semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga semua yang dicita-citakan bisa terwujud.

Rusma Yul Anwar menyarankan, agar Forikan Kabupaten Pesisir Selatan lebih memprioritaskan tujuan utamanya, yakni upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Membuat Program yang bisa diaplikasikan langsung, dan tak perlu banyak tetapi fokus,"ujarnya.

Selanjutnya, Rusma Yul Anwar meminta kepada stakeholder terkait membantu di bidang produksi aneka makan ikan dan varian cita rasanya. Juga, menjaga sumber daya perikanan.

"Jika ditelusuri, sungai kita tak ada lagi ikan, tercemar akibat diracun dan aktivitas ilegal fishing lainya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan angka stunting di Pesisir Selatan, bertambah,"tuturnya.

Untuk pengurus Forikan yang baru saja dikukuhkan, ia berharap agar oreantasi peran dan fungsi forum ikan ini tidak hanya lomba. Tapi, peningkatam lebih cita rasa produk. Hasilnya, disosialisasikan supaya ada menambah variasi dan cita rasa masakan. Hal ini sangat penting, perlu diimplementasikan dan diaktualisasikan. Selamat Menjalakan tugas. Semoga, sukses. (Rnd/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru