FMIPA UNP Jalankan Program Kemitraan Masyarakat, Pengembangan Learning Management System

PENDIDIKAN-611 hit

Penulis: MR | Editor: Marjeni Rokcalva

PASAMAN - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) menjalankan Program Kemitraan Masyarakat dengan menggandeng MGMP IPA Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat.

Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Fanny Rahmatina Rahim, S.Pd., M.Pd, Rabu, 27 Juli 2022 lalu. Pada kegiatan ini, tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pendampingan pembuatan Learning Management System (LMS) menggunakan Google Site. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung pembelajaran Post Covid-19.

"Dalam kegiatan ini, kami memberikan pelatihan dan membimbing guru-guru IPA untuk bisa mengembangkan LMS sendiri. Tujuannya agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena siswa dapat menggunakan sumber belajar yang berbeda dari yang biasanya," katanya Kamis (25/8/2022).

Baca Juga


Guru-guru MGMP IPA sangat antusias dan bersemangat dalam merespon kegiatan ini mengingat pelatihan pembuatan LMS ini sangat jarang didapatkan oleh guru. Produk yang dihasilkan pun dapat digunakan oleh guru dan siswa di kelas.

Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 4 kali kegiatan tatap muka di bulan Juli dan Agustus 2022. Dari kegiatan ini, banyak muncul ide-ide menarik terutama dalam hal desain Google Site yang dikembangkan. Sebanyak 20 guru dibagi menjadi tiga kelompok yang mewakili kelas VII, VIII, dan IX. Ketiga kelompok guru sangat kreatif mengembangkan LMS kelompok masing-masing.

"Tentu saja kami ingin memberikan fasilitas terbaik untuk siswa. Setelah mengikuti kegiatan ini, kami berniat untuk lanjut menggunakan Google Site di dalam kelas. Kami tidak perlu repot-repot lagi mengirim file dengan whatsapp atau email. Cukup masukkan saja dalam Google Site. Semua siswa sudah bisa akses," ungkap Ketua MGMP IPA Lubuk Sikaping, Reni Deltagia, S.Pd.

Penggunaan IT dalam pembelajaran memang sudah menjadi tuntutan di era revolusi industri 4.0. Pembelajaran tidak lagi dijalankan secara konvensional namun sudah terintegrasi teknologi informasi. Salah satu integrasi teknologi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan Google Site. Selain mudah dikembangkan dan digunakan di kelas, Google Site juga dapat diakses gratis. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru