Penasehat Beserta Ketua GOW Pasbar Salurkan Bantuan Bagi Kelompok Usaha Ulu Podeh Air Bangis

PEMERINTAHAN-465 hit

Penulis: DE | Editor: Medio Agusta

Pasaman Barat -- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Ny. Fitri Risnawanto bersama Penasehat GOW Pasbar Ny. Titi Hamsuardi dan stakeholder terkait lainnya menghadiri kegiatan Pembinaan Kelompok Usaha Warisan Umak, yang memproduksi Kue Ulu Podeh, Kue khas Air Bangis yang berada di Jorong Kampung Padang Nagari Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

Ketua GOW bersama Penasehat GOW Pasbar menyerahkan hadiah sebagai pemenang lomba kuliner tradisional tingkat Sumatera Barat, yang dimenangkan oleh Kelompok Usaha Warisan Umak dengan makanan khas Air Bangis, yakni Ulu Podeh pada beberapa waktu lalu. Hadiah tersebut diserahkan dalam kegiatan pembinaan kelompok usaha yang di gelar di Aula Kantor Wali Nagari Air Bangis, Kamis (11/8).

Penasehat GOW Pasbar Ny. Titi Hamsuardi mengucapakan terima kasih kepada pelaku UMKM dari Kelompok Usaha Warisan Umak yang telah mengangkat dan mengharumkan nama Kabupaten Pasaman Barat melalui lomba kuliner tingkat Provinsi Sumatera Barat 2022.

Baca Juga


Ny. Titi Hamsuardi meminta pelaku usaha untuk mempertahankan prestasi tersebut dan terus berinovasi dalam meningkatka kualitas produk UMKM Ulu Podeh. Selain itu, pelaku usaha juga diminta untuk terus meningkatkan promosi Ulu podeh agar semakin dikenal masyarakat, bukan hanya di Pasaman Barat namun juga di luar kabupaten hingga nasional Nantinya.

"Mari bersama sama kita meningkatkan Kelompok Usaha Warisan Umak ini dan mengembangkan usaha Ulu podeh, dan produk UMKM yang ada di nagari Air bangis serta di Kecamatan Sungai beremas," ajak Ny. Titi Hamsuardi.

Sementara itu Ketua GOW Pasaman Barat Ny. Fitri Risnawanto juga mengucapkan selamat kepada Kelompok Usaha Warisan Umak yang telah mengharumkan nama Pasbar di tingkat provinsi.

Ia juga menjelaskan bahwa produk Ulu Podeh ini merupakan kuliner satu-satunya di Sumatera Barat dan Hanya di temui di Nagari Air Bangis.

Selanjutnya ia juga mengungkapkan bahwa Produk UMKM Ulu Podeh ini sudah memiliki izin usaha, sertifikat halal dan lainnya yang dapat mendukung produksi dan promosi yang lebih baik kedepannya.

Dalam kesempatan tersebut, ia berharap semoga kedepannya UMKM Pasaman Barat lebih maju lagi bukan hanya untuk UMKM Ulu Podeh tapu juga produk UMKM lainnya.

"Hadiah yang diberikan pada saat Lomba Kuliner Tradisional tingkat Provinsi Sumatera Barat berupa uang yang digunakan untuk meningkatkan kemasan Ulu podeh, billboard, plang nama usaha. Kami akan terus berupaya mempersiapkan dan mrmbantu segala sesuatu yang menjadi kelengkapan dari UMKM tersebut," ucap Ny. Fitri Risnawanto.

Camat Sungai Beremas Asrinal juga mengucapkan rasa bangga dan tersanjung atas prestasi yang telah diraih oleh Kelompom Usaha Warisan Umak.

"Tidak pernah terbayangkan sebelumnya masakan tradisional kami menoleh citra di tingkat Provinsi Sumatera Barat, maka berbanggalah kita. Namun tanpa binaan dari Pemkab Pasbar tentu ini tidak akan bisa kita capai," tuturnya.

Ia juga mengingatkan untuk terus berinovasi baik itu kemasan maupun rasa. Dan meminta untuk terus kompak dan terus mempromosikan Ulu Podeh ini.

Hadiah yang di serahkan berupa uang tunai senilai Rp 2.500.000 dan bantuan Baznas Rp 8.000.000. Bantuan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan UMKM Ulu Podeh ini.

Turut Hadir, Kepala DPPKBP3A Anna Rahmadia, Wakil Ketua Baznas Muhammad Jamil, Wali Nagari Air Bangis Nelvia Warman, Anggota GOW Pasbar, Ketua Bunda Kanduang Pasbar Eti Rahmida, Bamus Air Bangis, Ketua LPMN Air Bangis Adrean Syahputra yang terlibat langsung dalam kemajuan kelompok Warisan Umak untuk mempersiapkan Lomba serta Anggota Kelompok Warisan Umak. (DE)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru