Berita Pariwara |

5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Kulit Tampak Kusam

SELINGAN-141 hit

SETIAP orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan terlihat bercahaya, khususnya bagi para wanita untuk menunjang penampilan mereka. Akan tetapi, jika Anda memiliki ciri ciri kulit yang kusam dan tidak sehat, sebaiknya Anda segera mencari tahu lebih dulu apa yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Hal tersebut bisa karena pengaruh usia, perawatan kulit yang tidak sesuai, hingga kebiasaan yang buruk.

Secara tidak sadar, kebiasaan buruk juga bisa mempengaruhi kulit terlihat tidak sehat, kusam, dan tidak bercahaya.

5 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kusam

Sebenarnya, kulit merupakan organ terbesar yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini lah yang membuat kondisi kulit yang kusam, tidak sehat, dan tidak cerah akan sangat mudah terlihat. Tentunya, kulit yang kusam dan tidak sehat akan membuat penampilan menjadi tidak terlihat baik. Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi faktor kenapa kondisi kulit menjadi tidak sehat dan salah satunya adalah faktor kebiasaan yang sering Anda lakukan.

Lalu, apa saja kah kebiasaan yang dapat membuat kulit terlihat kusam? Berikut adalah kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari jika ingin memiliki kulit yang sehat, antara lain:

1. Kurang Minum Air Putih

Berdasarkan sebuah penelitian yang sudah dilakukan, minum air yang cukup terbukti akan membuat kulit lebih sehat karena air salah satu faktor yang menjaga kelembapan serta kelenturan kulit Anda sehingga kulit tidak rentan terhadap iritasi, keretakan, hingga kerusakan. Tanpa asupan air yang cukup, tentu hal tersebut akan membuat kulit Anda menjadi kering, kusam, dan kurang bercahaya . Bahkan tidak hanya itu saja karena pori pori kulit Anda akan semakin terlihat dengan garis keriput yang akan muncul lebih cepat.

2. Terbiasa Begadang

Tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, begadang juga akan membuat kulit Anda mudah kusam. Hal ini karena Anda tidak mendapat zat kolagen dan keratin yang cukup. Kedua zat tersebut akan diproduksi oleh tubuh ketika Anda sedang tidur sehingga ketika Anda terbiasa begadang akan membuat tubuh tidak bisa memproduksi kedua zat tersebut secara maksimal dan membuat kulit tidak bisa regenerasi dengan baik.

3. Tingkat Stres Yang Tidak Terkelola Dengan Baik

Stres merupakan hal yang wajar, tetapi stres tingkat kronis yang terus berlarut akan membuat kesehatan tubuh salah satunya kulit Anda menjadi terganggu. Hal ini karena meningkatkan zat kortisol dalam tubuh sehingga akan memperparah penyakit kulit yang sudah ada misalnya seperti jerawat dan rosacea. Hal tersebut lah yang menjadi salah satu faktor kenapa kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya.

4. Terlalu Banyak Makan Manis

Selain menyebabkan obesitas, gula akan membuat kolagen di dalam tubuh menjadi rusak. Kolagen yang rusak akan memicu kulit kusam sehingga tampak lebih tua.

5. Merokok

Rokok dapat merusak dinding aliran darah di mana hal tersebut akan membuat aliran nutrisi pada darah menjadi berkurang, terutama oksigen. Hal ini lah yang memicu kulit menjadi lebih rapuh, rapuh, hingga sulit diperbaiki. Perokok berat memiliki risiko yang besar terkena kanker kulit.

Mengatasi Kulit Kusam

Berikut adalah cara untuk mengatasi kulit kusam, yaitu:

1. Minum air yang cukup agar tubuh terus terhidrasi dengan baik dan menjaga kelembapan serta kelenturan kulit Anda.

2. Gunakan pelembap yang tepat minimal 2x sehari sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Gunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari yang dapat merusak jaringan kulit

4. Tidur yang cukup selama 7-9 jam.

5. Makan makanan yang sehat dan tidak lupa untuk berolahraga agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

6. Rutin mencuci muka setiap hari. Gunakan sabun pemutih wajah bila perlu.

Jika kulit Anda menunjukkan tanda tanda kulit kusam, maka segera cari tahu penyebabnya salah satunya adalah dengan memperhatikan bagaimana kebiasaan Anda selama ini. Jika Anda suka melakukan kebiasaan yang buruk, maka segera menghentikan kebiasaan tersebut. Anda pun juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(***)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru