Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh Dikunjungi Program Universiti Teknologi Mara

PEMERINTAHAN-97 hit

Penulis: Do | Editor: Redaktur

PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota Payakumbuh menerima kunjungan tamu dari Negara Malaysia dalam Lawatan Global Outreach Unicorn Scholar Program Universiti Teknologi Mara di Sentra IKM Randang Kota Payakumbuh, (4/7).

Tamu yang yang dipimpin oleh DR. Rohana Zul itu turut didampingi oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP Ernawati disambut oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Kadisnakerin Yunida Fatwa dan jajaran, serta Ketua Koperasi Sentra Payo.

Wawako Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan peruntukan Sentra IKM Randang adalah bagi UMKM di Kota Payakumbuh supaya dapat dibantu memproduksi Randang berskala besar, serta tidak khawatir lagi menyiapkan perizinan dan sertifikat yang dibutuhkan untuk memasarkan produknya.

Baca Juga


"Kita harapkan dengan bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, kami Pemko Payakumbuh bisa berbagi untuk urusan teknologi dan riset ke depan, ini adalah hal yang sangat baik bagi daerah," kata Erwin.

Orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu menambahkan, Sentra IKM Randang menjadi rujukan Nasional, bagaimana mengelola sentra dari awal dan berkelanjutkan, banyak program yang harus ditindaklanjuti sehingga kegiatan itu tidak mati di tengah jalan.

"Yang kita lakukan adalah bagaimana sentra IKM bisa disediakan pemerintah, pemerintah mensupport dengan memberikan fasilitasi, akses, dan kebijakan, kemudian masyarakat melakukan transaksi jual beli produknya, sehingga transaksi pelaku UMKM jadi lebih baik dan cepat, makanya otentikasi produk telah dilakukan UMKM Kota Payakumbuh," ujarnya.

Sementara itu, DR. Rohana Zul menyampaikan kedatangan mereka dengan membawa 13 pelajar berbagai bidang studi yang telah memiliki usaha robotik, edukasi, kuliner, fashion, service, dan lain-lain dari Universiti Teknologi Mara. Mereka belajar melihat bagaimana pengelolaan bisnis di Sumatera Barat.

"Uniknya problem zaman sekarang adalah susahnya mencari pekerjaan. Kami terus mendorong mahasiswa berorientasi menjadi tipikal enterpreneur, bukan yang ingin bekerja di kantor pemerintah saja. Harus bisa mempersembahkan diri untuk memiliki mindset menjadi enterpreneur," katanya.

Rohana juga mengapresiasi bagaimana marketing dari Randang bisa sampai ke Eropa, brandnya bukan Randang perusahaan, melainkan dari komunitas UMKM Randang di daerah.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada UNP dan Pemerintah kota Payakumbuh yang telah menyambut dan berbagi ilmu dengan kami disini, betul-betul senang rasenye," kata Rohana.

Dari sisi Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP Ernawati mengatakan Rektor UNP Profesor Ganefri juga turut mendampingi tamu langsung ke Kota Payakumbuh untuk bersilaturahmi, selain itu juga ingin melihat bangunan dan tanah yang sudah dihibahkan oleh Pemko Payakumbuh seluas sekitar 1 hektar di Padang Kaduduak untuk membangun kampus kuliner minang, dan tahun ini sudah terima pelajar.

"Kami mendampingi tamu untuk melihat bagaimana proses dari kuliner Minang dan pergi ke beberapa usaha IKM di beberapa daerah lain di Sumbar seperti Limapuluh Kota, Bukittinggi, dan Padang. Kunjungan mereka selama 3 hari dari Hari Minggu (3/7).

Yang jelas, kata Ernawati, UNP bekerja sama dengan Pemko Payakumbuh terkait pengembangan Randang, apalagi dalam waktu dekat akan ada promosi Randang ke Arab Saudi, sedang menunggu izin Rektor ke Kementerian. Ini adalah bentuk dukungan agar Randang Kota Payakumbuh bisa mendunia," pungkasnya. (Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru