Empat BUMN Dukung Kick Off Pemulihan Kereta Wisata Mak Itam E1060 Sawahlunto-Muarokalaban

PARIWISATA-261 hit

Penulis: Redaktur

SAWAHLUNTO - Andre Rosiade, mungkin satu diantara banyak Anggota DPR RI asal Sumatera Barat yang berhasil menaruh kepercayaan masyarakat untuk memperjuangkan aspirasi mereka salahsatunya pengoperasikan kembali kereta api wisata Mak Itam jalur Sawahlunto - Muarokalaban dan Silungkang. Lainnya, ketika pengemudi truk mengeluhkan kelangkaan solar dimana-mana lantas Andre Rosiade berteriak ke Pertamina, dalam beberapa hari hasilnya, solarpun lancar hingga kini.

"Andre ini memang banyak bacot, bicaranya lantang sebagai anggota parlemen, tapi yang disuarakannya semua berhasil, contoh kick off perbaikan sarana dan prasarana perkeretaapian jalur Sawahlunto-Muarokalaban dan akan dilanjutkan hingga ke Desa Industri tenun dan songket Silungkang hasil lobinya dengan Pak Eric Tohir Menteri BUMN. Lainnya, bulan lalu, Andre ini jadi pahlawan bagi sopir truk yang antri dan sulit dapatkan solar lalu dia bersuara ke Pertamina, hasilnya sekarang solar lancar kan? " Puji Fahmi, seorang undangan acara Kick Off KAI Mak Itam, di Stasiun KA Sawahlunto, Jumat (1/7/2022).

Politikus asal Partai Gerindra ini diakui selalu merespon cepat setiap aspirasi yang muncul bila berkaitan dengan kepentingan publik. Dalam sambutannya diacara kick off KA wisata Mak Itam kemarin, Andre mengatakan, Kementerian BUMN telah merespon aspirasi masyarakat Sumatera Barat yang disampaikan sejumlah kepala daerah di Sumbar. Alhamdulillah, keinginan itu tersampaikan dan direspon Menteri BUMN Eric Tohir sehingga kick off ini terselenggara berkat dibentuknya Project Management Officer (PMO) melibatkan sponsorship PT KAI, PT Semen Indonesia Group (SIG), PT Pupuk Indonesia, dan PT Biofarma.

Baca Juga


"Sampaikan ucapan terima kasih kami ke Menteri BUMN Pak Erick Tohir, beliau merespon keinginan masyarakat Sumatera Barat dengan cepat dengan membentuk Project Management Officer (PMO) BUMN untuk pemulihan pariwisata Sumbar, yang salah satunya merekomendasikan perbaikan sarana dan prasarana kereta api wisata Mak Itam dengan loko uap E 1060 yang dimulai pada jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban ini," tutur Andre yang juga sebagai Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang ( IKM) Jakarta ini.

Andre Rosiade berharap, dengan dipulihkannya kembali pengoperasian kereta api wisata Mak Itam setelah perbaikan nanti akan memberi dampak positif terhadap tumbuh dan berkembangnya perekonomian masyarakat. Begitu juga dengan rencana perjuangannya untuk mengaktivasi kembali jalur-jalur kereta yang ada di Sumbar terutama di Kota Padang dengan kereta api wisata.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, perbaikan sarana dan prasarana perkeretapian Sawahlunto Jalur Sawahlunto - Muarokalaban ini adalah buah dari Project Management Office (PMO) BUMN untuk pemulihan pariwisata Sumatera Barat yang digagas Menteri BUMN Eric Tohir. PMO tersebut akan memberi dampak positif ditengah penetapan Ombilin Coal Mine Heritage of Sawahlunto sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

"Hal ini menjadi bagian dari wujud bakti BUMN untuk negeri dalam mendukung industri pariwisata bangkit dan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Sumatera Barat, pasca mulai pulihnya pandemi COVID-19." Sebut Tedi Bharata

Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (PTKAI) Didiek Hartantyo dibagian pernyataannya mengatakan, ada empat BUMN yang berkolaborasi dan bersinergi membantu perbaikan sarana dan prasarana perkeretaapian jalur Sawahlunto -Muarokalaban itu diantaranya adalah PTKAI, PT Semen Indonesia Group (SIG), PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma, yang tergabung dalam PMO sesuai arahan Menteri BUMN dengan nilai anggaran Rp 20 miliar untuk perbaikan loko uap dan sarana track sepanjang 4 km.

"InsyaAllah, kita targetkan perbaikan loko uapnya dan prasarana lain selesai selama 6 bulan ini, sehingga kereta api wisata Mak Itam dapat beroperasi kembali membawa wisatawan baik domestik maupun mancanegara pada saat momentum Hari Jadi Kota Sawahlunto 1 Desember 2022 mendatang. Untuk perbaikan lokonya sudah dimulai dengab progress mencapai 15 persen yang dikerjakan tim teknis loko uap PT KAI Museum Ambarawa," kata Didiek.

Walikota Sawahlunto, diwakili Sekdako Ambun Kadri, mengapresiasi dukungan penuh Kementerian BUMN dan empat perusahaan pelat merah PT KAI, PT Semen Indonesia Group (SIG), PT Pupuk Indonesia, dan PT Biofarma, yang telah bahu-membahu merealisasikan kick off KA Mak Itam beroperasi kembali di jalur Sawahlunto - Muarokalaban. Namun dia berharap, tahun 2023 nanti jalur yang ada akan dilanjutkan hingga stasiun Silungkang, sehingga para wisatawan bisa berwisata belanja songket khas Silungkang. Indra Yosef

Loading...

Komentar

Berita Terbaru