Ratusan Masyarakat Goro Bersama Dijalan Sungai Siriah Pulakek Koto Baru, Solsel

EKONOMI-902 hit

Penulis: AA | Editor: Medio Agusta

Padang Aro, Ratusan masyarakat dari dua Kecamatan dan dari empat nagari di Solsel melaksanakan Goro bersama di jalan Sungai Siriah, Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Minggu (26/6/2022).

Sedikitnya 625 meter jalan yang berlebar 7 meter itu sangat mendesak untuk segera diperbaiki, agar aktifitas masyarakat yang tinggal di Jorong Sungai Siriah maupun masyarakat yang tinggal di empat nagari untuk beraktifitas berladang di jorong tersebut akan bisa lancar.

Sepenuhnya kegiatan Goro didukung penuh Pemerintahan Nagari Pulakek Koto Baru dan dukungan berbagai lapisan masyarakat," jelas Tabrani.

" Kondisi jalan ini sangat perlu diperbaiki, karena sudah sangat rusak parah di sepanjang 625 meter, artinya jalan rusak ini sangat beresiko jika dilewati, apalagi jika cuaca hujan, jelas Sekretaris Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Tabrani dilokasi kegiatan.

Akses jalan tersebut menurut Tabrani, adalah akses jalan lingkung atau bekas jalan perkebunan yang dimanfaatkan setiap hari oleh 45 Kepala Keluarga (KK) warga yang menetap di Jorong Sungai Siriah.

Selain itu jalan tersebut juga dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang berladang di Jorong Sungai Siriah tersebut." Warga masyarakat yang berladang di sana adalah warga dari Nagari Pauh Duo, Nagari Pasar Muara Labuh, Nagari Koto Baru dan warga masyarakat Pulakek," jelasnya.

Sedikitnya ada sekitar 1511 warga masyarakat yang bergantung kehidupannya dari hutan yang ada di Jorong Sungai Siriah ini. Mulai dari lahan persawahan maupun dari 4 ribu hetar lahan hutan nagari yang ada di sana.

Dijelaskannya, potensi hutan bukan kayu di jorong tersebut juga sangat tinggi, antara lain untuk lahan perkebunan. Bahkan jika akses jalan ini baik, peluang untuk menjadi pemukiman baru akan terbuka lebar nantinya.

Menurut Tabrani, dari anaslisa perencanaan pembangunan jalan di tersebut sudah dilakukan bersama konsultan perencanaan, dan diperkirakan akan menghabiskan dana sedikitnya Rp.9 milyar.

Usulan perbaikan jalan tersebut sudah disampaikan ke Kabupaten, dan juga sudah dianggarkan melalui dana nagari. Khusus untuk penganggaran dana nagari, tentu secara berangsur-ansur bisa dilaksanakan, karena anggarannya sangat besar untuk perbaikan tersebut, " tambahnya.

Kegiatan Goro bersama masyarakat tersebut juga mendapat kunjungan dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Drs. H. Nurfirmanwansyah, A. Pt. MM. Dikesempatan itu, beliu berkesempatan mengapresiasi masyarakat yang sangat kompak sehingga ratusan masyarakat bisa tumpah ruah untuk melaksanakan goro.

" Kita apresiasi kebersamaan dan kekompakan masyarakat di sini. Terbukti mereka dengan dukungan Pemerintahan Nagari Pulakek, terlihat antusias untuk melaksanakan gontong royong pada hari ini," jelas Anca, panggilan akrab Nurfirmanwansyah.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk tetap kompak dan terus membangun kebersamaan, apalagi untuk mendukung pembangunan yang ada di nagari.

Dirinya sebagai putra daerah tentu akan turut mensuport, baik pemikiran maupun dalam bentuk lainnya. Kalau dukungan anggaran dari Provinsi, diakuinya tidak bisa sepenuhnya membantu, karena akses jalan adalah miliki Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan.

Kedepan, melalui pemikiran dan solusi untuk mendapat dukungan perbaikan jalan, Anca berjanji akan selalu bersedia membantu, termasuk untuk berbagai pembangunan lainnya di Solok Selatan, " pungkas Anca.(AA)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru