Diperlakukan Sama, Warga Nias Ucapkan Terima Kasih ke Pemkab Dharmasraya

PEMERINTAHAN-132 hit

Penulis: Eko | Editor: Marjeni Rokcalva

DHARMASRAYA -Meskipun berbeda-beda suka ras dan agama, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini dipakai sebagai gambaran persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Begini yang terjadi di Kabupaten Dharmasraya berbagai macam etnis yang ada di daerah ini, namun tetap menjalin silaturahmi dan saling menghargai tetap bersatu.

Ini yang di alami yang dirasakan oleh warga (masyarakat) Nias yang telah menetap puluhan tahun di Kabupaten Dharmasraya selama ini dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta mendapat program Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga program bedah rumah dari pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Hal tersebut di sampaikan Ketua Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Masyarakat Nias (DPC HIMNI) Kabupaten Dharmasraya, Yobedi Nduru, yang di temui awak media pada hari Kamis (23/06/2022). Ia mengatakan, kami sangat bangga dan terhormat kemudian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya serta tokoh masyarakat yang telah menerima kami warga atau Masyarakat Nias yang telah tinggal dan menjadi warga Kabupaten Dharmasraya yang dikenal dengan Ranah Cati Nan Tigo ini.

Baca Juga


Sebagian warga kami telah tinggal di Kabupaten Dharmasraya ini sudah ada puluhan tahun, kami tentu mengikuti aturan yang berlaku di daerah ini sama dengan pribahasa "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung".

"Kami warga atau Masyarakat Nias yang telah menetap tinggal di Kabupaten Dharmasraya telah memiliki surat Kepala Keluarga dan KTP yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Pemerintah Kabupaten Dharmasraya. Ditambah lagi, berbagai program pemerintah juga kami dapatkan dari program BLT, KIP hingga program bedah rumah," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa perhatian pemerintah dan tokoh masyarakat tanpa adanya perbedaan juga dirasakan oleh warga Nias ini. Mulai dari level nagari hingga Kabupaten.

"Jika ditingkat nagari pihaknya mendapat tempat di masyarakat, sedangkan ditingkat Kabupaten, pelayanan pun sama seperti warga pada umumnya. sehingganya kami juga diberi tempat Pemakaman. Begitu juga dipemerintahan, kami juga dilayani sebagai mana mestinya warga negara," sebut ketua organisasi yang baru empat bulan berdiri itu.

Kami tegaskan, tidak benar jika ada yang bilang kalau kami tidak dapat fasilitas di daerah tercinta dan ramah ini. Yang beredar di media online dan media sosial tentang tulisan tersebut. Kami atas Ketua Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Masyarakat Nias (DPC HIMNI) Kabupaten Dharmasraya, memohon maaf jika ada berita tidak baik tentang tersebut. Mari kita bersama menjalin persatuan dan kesatuan di Kabupaten Dharmasraya ini.

Sementara itu di tempat yang sama Wakil Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Sumatera Barat, Zarohan Zalukhu, mengatakan, selama puluhan tahun tinggal di Dharmasraya, tidak pernah dirasakan, adanya tindak kekerasan dan intimidasi dari warga setempat.

"Saya pribadi dan keluarga sudah 30 tahun tinggal di Dharmasraya, kami terasa nyaman dan semua warga baik sama pada kami," ucap Zarohan Zalukhu, yang juga penasehat Himpunan Masyarakat Nias (DPC HIMNI) Kabupaten Dharmasraya yang terbentuk berapa waktu lalu.

Kami tinggal disini seperti ditengah saudara itu juga dirasakannya, yang kami rasakan adalah dengan adanya fasilitas Pemakaman diberikan oleh pihak nagari. Seperti di Nagari Koto Laweh, Koto Ranah, Koto Besar hingga di SP4 Timpeh.Nagari Koto Gadang, Kecamatan Koto Besar.

"Jadi, jika ada berita yang mengatakan kami dibedakan karena kami bukan warga sini, semua itu tidak benar, masyarakat Dharmasraya seluruhnya baik-baik," ucapnya.

Bahkan, untuk kegiatan kesenian saat ada acara, seperti Tari Maena serta prosesi adat Nias ketika melaksanakan pernikahan yang dibarengi orgen berjalan aman dan saling menjaga

Kami Wakil Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Sumatera Barat, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, yang telah memberikan banyak bantuan kepada warga Nias yang ada di Dharmasraya ini.

"Terima kasih kami ucapkan pada pemerintah daerah yang telah menjadikan kami bahagian dari warga Dharmasraya ini," ucapnya dengan mata berkaca-kaca. (Eko)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru