Banjir Landa Pessel, Bupati Hendrajoni Bagikan 500 Paket Sembako

PERISTIWA-740 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PAINAN - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyerahkan 500 paket sembako ke korban banjir di sejumlah nagari di Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Bayang, Rabu (25/12)

"Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan dapat membantu meringankan beban para korban," kata Hendrajoni didampingi Ketua TP PKK setempat, Lisda Hendrajoni yang juga anggota Komisi VIII DPR RI.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Hendrajoni, didampingi Sekda Ir. Erizon, MT, Anggota DPRD Pesisir Selatan, Al Ermon, serta sejumlah kepala dinas.

Baca Juga


Kendati demikian pihaknya meyakini bantuan yang diserahkan belum menjangkau seluruh korban, oleh karena itu bantuan akan kembali diserahkan pada Kamis (26/12).

Pada kesempatan itu dirinya menyerahkan bantuan di tiga nagari di Kecamatan IV Jurai yakni Taratak Tangah Lumpo, Lumpo dan Ampuan Lumpo, dan dilanjutkan ke Kecamatan Bayang yakni di Nagari Gurun Panjang.

Ia menjelaskan banjir yang melanda sejumlah nagari di daerah setempat terjadi karena pendangkalan dan penyempitan Sungai Batang Lumpo, guna mengantisipasi bencana serupa kedepan perlu dilakukan normalisasi.

"Khusus normalisasi Sungai Batang Lumpo saya akan memperjuangkannya tidak hanya kepada pemerintah provinsi namun juga pusat," kata dia.

Dari catatan BPBD setempat, khusus di Kecamatan IV Jurai banjir melanda delapan nagari yakni Ampuan, Limau Gadang, Batu Kunik, Taratak Tangah, Lumpo, Bukik Kaciak dan Sungai Gayo, Sungai Sariak Lumpo.

Banjir tersebut menyebabkan 446 tumah terendam serta berdampak pada 359 kepala keluarga, kejadian itu juga menyebabkan 65 kepala keluarga mengungsi.

Sedangkan untuk Kecamatan Bayang data sementara, di Nagari Gurun Panjang merendam rumah sebanyak 242 rumah dan Gurun Panjang Utara 186 rumah, serta merendam padi seluas 86 Ha. RND

Loading...

Komentar

Berita Terbaru