Tragisnya Kehidupan dan Misteri Kematian Edgar Allan Poe, Pencetus Karya Fiksi Misteri

HISTORIA-896 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

Edgar Allan Poe dikenal oleh dunia kesusastraan karena karya-karyanya yang luar biasa yang terfokus pada genre kelam seperti misteri horor fiksi. Tidak hanya menghasilkan tulisan yang bernuansa kelam, kehidupan seorang penulis terkenal ini bisa dibilang tragis dan kematiannya merupakan misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan.

Edgar Allan Poe juga dianggap nenek moyang yang menginsprasi Arthur Conan Doyle untuk membuat cerita Sherlock Holmes. Edgar Allan Poe lahir pada tanggal 19 Januari 1809 hari Kamis di kota Boston, Massachusetts.

Sewaktu kecil Poe sudah ditinggal kabur dari rumah oleh ayahnya bernama David akibat tidak tahan dengan beban ekonomi dan terlilit hutang, David tidak pernah kembali kerumah sampai terdengar kabar meninggalnya. Lalu ibunya, Elizabeth juga meninggal akibat penyakit TBC yang berjarak lima bulan setelah David meninggal.

Baca Juga


Beruntung ada pasangan John dan Frances Allan yang mau mengasuh Poe di Richmond, Virginia. France Allan merupakan teman Elizabeth atau ibu kandungnya Poe. Pasangan ini tidak memiliki anak, karena itu mereka ingin mengadopsi Poe.

Poe kecil bersekolah di Inggris selama 5 tahun, lalu saat berusia 17 tahun, Poe menjalani studi di University of Virginia. Pada saat di Universitas inilah Poe mengalami banyak permasalahan hidup.

Masalah ini membuatnya mulai berjudi sampai ketagihan lalu terlilit banyak utang, selain karena kekurangan uang jajan dari Allan, ia juga depresi karena tunangannya menikah dengan lelaki lain.

Karena banyaknya hutang, Allan sangat marah dengan Poe dan tidak ingin lagi membayar uang kuliah Poe. Poe memutuskan untuk berhenti dari kuliah dan lari dari rumah menuju ke Boston.

Poe memang gemar menulis dari muda, namun ayah angkatnya tidak setuju dan hanya mendukungnya ke militer. Pada tahun 1827, sastrawan kelahiran 1809 ini menghasilkan karya pertamanya yaitu sebuah puisi berjudul Tamerlane and Other Poems. Saat itu dimana Poe bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army).

Namun dia juga harus mengundurkan diri karena mengetahui bahwa Frances, ibu angkatnya meninggal. Dia kembali ke Richmond dan mulai memperbaiki hubungan dengan bersikap baik kepada Allan.

Namun keadaan itu tidak bertahan lama, kali ini Poe sudah bertekad tidak akan bertemu dengan Allan lagi sampai mati karena Allan menikah lagi tanpa sepengetahuan Poe.

Poe pindah kerumah bibinya di Baltimore dan kembali menulis karyanya, cerita pendek pertamanya Metzengerstein (1832). Lalu cerpennya MS. Found in a Bottle (1833), memenangkan sayembara dan itu pertama kalinya ia berpenghasilan dari menulis seharga 50 dollar.

Menurut Kinda seorang mahasiswi sastra , "Ms. Found in bottle itu adalah salah satu cerita Poe yang menjelaskan tentang seorang narator yang tidak disebutkan namanya menemukan dirinya dalam situasi menakutkan. Dalam cerpen ini banyak sekali teror dan ketegangan di dalamnya. Selalu ada sesuatu yang mengganggu pikiran narator dan pasti dihantui oleh sesuatu. Untuk penulisannya lebih tidak menentu dan tidak masuk akal".

Semenjak saat itu Poe melanjutkan karirnya sebagai seorang penulis dan menggantungi biaya hidupnya dari kegiatan menulis. Poe menjadi sastrawan pertama yang membiayai hidup dari hasil tulisan. Tulisan Poe bernuansa horor dan sangat diminati saat itu. Karya Poe yang terkenal yaitu " The Black cat" dan " The Raven stories and Poem".

Didalam buku The Black Cat terkumpul kisah kisah seram horor yang menarik. Salah satunya berjudul Kucing Hitam yang berkisah tentang tokoh utama yang merasakan banyak keanehan setelah kucing peliharaannya mati.

Poe menampung banyak ketenaran dari menulis di surat kabar, ketenaran karena ulasan dan kisah gotiknya. Tapi tetap saja uang yang dihasilkan dari menulis tidak sebanyak yang dibutuhkannya. Poe tetap hidup melarat walau sukses dalam karirnya.

Saat di Baltimore ia memutuskan menikahi sepupunya, Virginia Clemm. Pada saat itu, tahun 1830, terjadi krisis ekonomi , hidup Poe sangat rumit karena sektor sastra sangat terdampak oleh krisis ekonomi tersebut.

Saat meninggalnya Virginia istri tercinta akibat TBC, itu merupakan titik depresi terberat yang dialami Poe. Poe diketahui mengkonsumsi opium dan terkadang terlihat mengingau dijalanan Baltimore.

Pada tanggal 3 Oktober 1849, kematiannya menjadi misteri saat ditemukan oleh pejalan kaki Joseph W. Walker tergeletak mengenaskan dijalanan kota Baltimore. Disaat itu Poe dilarikan ke Washington medical college namun dinyatakan meninggal. (***)

Oleh: Razira Balqis (Mahasiswa Fakultas Sastra Inggris Unand)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru