Henry Lawson: Sang Penyair Asal Australia yang Terkenal di Era Kolonial

HISTORIA-817 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

SANG Penulis asal Australia ini dilahirkan pada tanggal 17 Juni 1867 di sekitar daerah grenfell, bagian barat South New Wales,Australia.ia memiliki nama lengkap yaitu Henry Archibald Ertsberg Lawson dan dilahirkan dari keluarga yang sederhana yaitu ayahnya seorang pelaut asal norwegia sedangkan ibunya adalah aktivis feminis. Ibu dan ayahnya bertemu di pertambangan emas di pipeclay,australia dan menikah pada tahun 1866.

Ibunya banyak mengeluarkan karya karya yang berkaitan dengan feminis.ketika henry dilahirkan,keluarga mereka berubah nama menjadi Lawson. Pada tahun 1873, Sang ayah mulai melayar untuk melakukan pencarian emas sehingga membuat keluarga mereka sering berpindah-pindah di sekitar wilayah Mudgee sampai mereka menetap di sana, tepatnya di Eurunderee (juga dikenal sebagai Pipeclay).Lawson mulai memasuki masa sekolah pada 2 Oktober 1876 di Eurunderee , namun ia merasakan infeksi di telinganya pada saat umur sembilan tahun. kejadian itu membuatnya setengah tuli dan ketika ia berumur 14 tahun ia merasa kehilangan pendengaran sepenuhnya.

Lawson berkata bahwa, ketulian adalah untuk mengaburkan seluruh hidup saya, untuk mendorong saya ke dalam diri saya sendiri, dan menjadi, dalam ukuran besar, bertanggung jawab atas tulisan saya.

"Dari ketuliannya itu,ia merasa mendapatkan kekuatan dan mengembangkan kreativitas walaupun ia mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari lingkungan dan teman-temannya. Salah satu bibinya mengatakan bahwa karena sifatnya yang sensitif dan lembut dan "seharusnya terlahir sebagai perempuan". Banyak bukti tentang sifat tentangnya dicatat dalam buku.

Namun, ada sesorang yang baik dan melakukan semua yang bisa dilakukannya untuk Lawson, yang cukup pemalu yaitu gurunya, John Tierney.Banyak tempat-tempat ditampilkan dalam beberapa puisi Henry Lawson, seperti rumah kayu dua kamar yang dibangun ayahnya untuk keluarga dan ia mengatakan bahwa sekolahnya itu adalah "sekolah kulit kayu tua"

Dia memiliki sedikit waktu untuk memulai sebuah pertemanan pada masa kanak-kanak dan memiliki sedikit bakat dan ketika itu kesempatan langka muncul. Dia beberapa kali menyatakan kepada ayahnya keengganan untuk menjadi lebih tua bahkan ketika kekhawatiran, ketakutan, dan penindasan menyangkal sebagian besar kesenangan masa kecilnya.

ketika berumur 14 tahun,ia memutuskan untuk tidak bersekolah lagi akibat perekonomian keluarga yang mulai berkurang dan ia juga membantu ayahnya bekerja.Lawson kemudian menghadiri sebuah sekolah Katolik di Mudgee, New South Wales yang sekitar 8 kilometer jauhnya. Guru sekolahnya di sana, Mr. Kevan mengajari Lawson tentang puisi.

Pada tahun 1880,Lawson pergi bekerja dengan ayahnya dan menjalani persahabatan para pekerja yang kemudian dia ditangkap dengan baik tetapi ia juga mencoba meminum alkohol yang membuatnya mengatasi rasa malunya.Pada tahun 1883,pernikahan orangtuanya berakhir dan ibunya mulai menetap ke sydney bersama saudara-saudaranya.ibunya mendesak ia mengikuti ibunya untuk ke sydney.

Ibunya mendesak ia untuk memulai kegiatan menulis puisi dan cerita pendek.Seiring berjalannya waktu,Lawson tumbuh sebagai penulis. ia menjadi kontributor tetap untuk beberapa majalah dan surat kabar populer tetapi dengan mudah tergelincir ke dalam depresi ketika ia tidak menulis, minum berat untuk menekan rasa tidak amannya. "Anda lahir di ladang emas Grenfell - dan Anda tidak bisa mengatasinya" ('ucapan Grenfell di My Spirit', 1911).

Pada tahun 1888, Louisa meraih kesuksesan komersial melalui makalah keduanya yang berjudul, Dawn ,dan di tahun 1894 dia secara finansial mampu menerbitkan buku pertama sang anak Henry yang berjudul, Short Stories in Prose & Verse .

Dalam tahun 1897,Henry Lawson mengkutip kalimat "Itu dibangun dari kulit kayu dan tiang, dan lantainya penuh lubang Dimana setiap kebocoran pada cuaca hujan membuat kolam;

Dan dindingnya sebagian besar retakan yang dilapisi dengan belacu dan karung Ada sedikit kebutuhan untuk jendela di sekolah." dalam karyanya yaitu The Old Bark School.

Di tahun 1920, Henry Lawson diberikan pensiun seumur hidup sebesar 1 per minggu dari Commonwealth Literary Fund. Tahun berikutnya Lawson menderita pendarahan otak dan meninggal beberapa bulan kemudian,Pada tanggal 2 September 1922,Dia meninggal dikarenakan pendarahan otak di rumah Mrs Beyers di Abbotsford, NSW.

Henry Lawson adalah sosok legendaris yang di hormati dalam kehidupan semua orang bahkan para pejabat dan yang lainnya berkumpul untuk pemakaman kenegaraannya pada 4 September atau dua hari setelah kemangkatannya.(***)

Penulis: Fetri Yulindi (Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Unand)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru