Dharma Wanita Persatuan Kota Payakumbuh Gelar Seminar Public Speaking Dan Comunication Skill

PEMERINTAHAN-144 hit

Penulis: Do | Editor: Redaktur

PAYAKUMBUH - Berbicara di depan umum tidaklah gampang, sebab dituntut sebuah skill yang mapan dan teknik penguasaan audiens agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh pendengar dengan baik.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara secara profesional di depan umum, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh menggelar Seminar Public Speaking dan Comunication Skill serta Etika Kepribadian dan Fashion di Aula Ngalau Indah Kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis(24/3).

Seminar tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten III Amriul Datuak Karayiang serta didampingi oleh Ketua DWP Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman dan Kabag Organisasi David Bachri.

Dalam sambutannya Asisten III Amriul Datuak Karayiang mengatakan berbicara di depan publik bukan merupakan suatu hal yang mudah. Perlu adanya tingkat percaya diri yang kuat serta lafal yang jelas dalam pengucapan kata agar mudah dipahami oleh pendengar.

"Pelaksanaan pelatihan public speaking ini memberikan manfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mampu membangun juga menjalin komunikasi baik dalam organisasi maupun bermasyarakat, dan hal ini sangat dibutuhkan oleh anggota DWP Kota Payakumbuh yang selalu bersosialisasi dengan masyarakat," Terangnya.

Diakhir sambutannya, Amriul berharap dengan diadakannya Seminar Public Speaking ini dapat memberikan ilmu yang berharga dan bermanfaat untuk seluruh anggota DWP agar dapat berbicara di depan umum dengan baik dan penuh percaya diri.

"Semoga dengan diadakannya seminar Publik Speaking Kali ini seluruh anggota DWP Kota Payakumbuh dapat berbicara di depan umum dengan baik dan penuh percaya diri," Pungkasnya

Senada, Ketua DWP Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman atau yang akrab disapa Cece mengatakan berbicara di depan umum suka atau tidak suka merupakan keterampilan yang harus dikuasai.

"Berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang harus dikuasai karena pada suatu saat kita mungkin akan berbicara dihadapan semua orang untuk menyampaikan pesan, pertanyaan, tanggapan atau pendapat tentang suatu hal yang diyakini," Ujar Cece

Ditambahkan Cece, teknik berbicara dimuka umum dapat digunakan dalam mempresentasikan proposal proyek atau produk di hadapan mitra bisnis dan calon pembeli.

Public speaking ini salah satu seni berkomunikasi yang membutuhkan kepercayaan diri, persiapan, teknik dan latihan. Tidak hanya itu, Selain Public Speaking yang baik, perlu ditunjang dengan Etika Kepribadian dan Fashion yang baik serta sesuai dengan keadaan disaat berbicara di depan umum.

"Selain Public Speaking yang baik, penampilan di depan umum juga sangat perlu diperhatikan dengan menjaga Etika Kepribadian dan Fashion yang sesuai dengan keadaan disaat kita berbicara di depan umum, "terang Cece

Cece berharap, setelah diadakannya Seminar ini, anggota DWP Kota Payakumbuh bisa berkomunikasi dengan baik dan tampil di depan umum dengan rasa percaya diri.

"Besar harapan saya dengan diadakannya Seminar Public Speaking dan Comunication Skill serta Etika Kepribadian dan Fashion ini, anggota DWP Kota Payakumbuh bisa berkomunikasi dengan baik dan tampil di depan umum dengan rasa percaya diri," Pungkasnya

Sementara itu, narasumber yang merupakan Profesional Bidang Public Speaking Wilda Qudsi Mirawati mengatakan Public Speaking adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. Seseorang bisa mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audiens dengan menguasai dan menerapkan teknik berbicara yang tepat.

Ditambahkan, Poin terpenting dari keahlian public speaking adalah bagaimana seseorang tersebut dapat berbicara dengan baik dan terstruktur sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh banyak orang.

"Selain mengandalkan bagaimana cara berkomunikasi, skill ini juga perlu dibarengi dengan keyakinan diri dengan kadar yang pas. Pembawaan yang baik dapat membantu audience merasa nyaman pada performa kita saat menyampaikan sesuatu. Dari rasa percaya diri ini juga akan menggiring pembicara memiliki body language yang tepat," Ujar Wilda

Selanjutnya Wilda menerangkan, Kepandaian Public Speaking bukan bawaan dari lahir. Keahlian ini harus dipelajari dan diiringi dengan praktek secara langsung karena Public Speaking bukan sekedar teori tapi harus dipraktekkan.

"Mari kita semua sama-sama berlatih untuk berbicara dimuka umum, setiap kemampuan harus terus dilatih dan diasah karena keahlian bukan sekedar teori tapi harus dipraktekkan," Pungkas Wilda.(Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru