Prof. Ganefri, Ph.D. dalam Kajian Buku Menko Perekonomian: Jalan Berliku Pembangunan UMKM

PENDIDIKAN-327 hit

Penulis: ET | Editor: Redaktur

PADANG - Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan kajian terhadap buku Pembiayaan UMKM dengan judul kajian "Jalan Berliku Pembangunan UMKM di Indonesia (Catatan dari Buku Pembiayaan UMKM)". Isi buku yang ditulis oleh Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T., I.P.U. ini sangat penting dan strategis dalam menopang perekonomian di Indonesia sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat dalam membangun atau mengembangkan UMKM di Indonesia.

Kuliah Umum dan Kajian Buku tersebut dilaksanakan pada Kamis (24/3) bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar yang dihadiri pimpinan dan mahasiswa.

Lebih lanjut kata Rektor Prof. Ganefri, Ph.D., peluang yang diberikan pemerintah dengan status UNP sebagai PTNBH bisa berkontribusi untuk menggerakkan UMKM di Sumatera Barat karena pergerakan ekonomi juga sangat ditentukan oleh UMKM tersebut.

Baca Juga


"Buku yang di tulis perlu dibaca dan dipahami oleh mahasiswa, dosen dan masyarakat serta disosialisasikan kepada masyarakat untuk membangun UMKM di Sumatera Barat dan di Indonesia secara umum," tegas Rektor Prof. Ganefri, Ph.D.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan isi buku yang sangat penting tentang perbandingan isu dan peran UMKM di tiga negara.

Menurut Prof. Ganefri, Ph.D., dalam buku tersebut dijelaskan bahwa di Jepang adalah suatu negara yg memilik sejarah panjang dalam pengembangan UMKM dan pertumbuhan Industri di Jepang dengan membuat kebijakan sunkontrak antara usaha kecil dan usaha besar.

"Selain itu, di Korea Selatan, UMKM adalah sebagal pendorong utama pertumbuhan ekonomi. UMKM memberikan peranan penting dalam perekonomian tethadap pertumbuhan PDB (Produk domestik Bruto)," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.

Demikian pula di Indonesia, kata Prof. Ganefri, Ph.D., akses pembiayaan atau perkembangan UKM sangat ditentukan oleh kebijakan pemerintah yang dikenal ekosistem kelembagaan dan permodalan selalu menjadi kendala dalam pertumbuhan UKM pada dua dekade terakhir.

Dalam pengantar diskusi, Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A. (Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan menyampaikan bahwa dalam buku ini berisi hasil kontemplasi tentang perhatian penulis tentang pengembangan UMKM di Indonesia.

"Menjabarkan pemikiran tentang implementasi dan pengembangan UMKM dalam kehidupan masyarakat dan mendorong pengembangan UMKM tersebut dengan kebijakan yang sudah dilakukan oleh penulis," jelas Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A.

Pada kegiatan Kuliah Umum dan Kajian Buku tersebut akan dihadirkan Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T., I.P.U. sebagai pemakai kunci, dengan pembahas buku adalah Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., Ferry Irawan (Asisten Deputi Moneter dan Sektor Eksternal, dan Prof. Dr. Yasri, M.S. (Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang). (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru