Ami Nugget Padang Panjang, Usaha Frozen Food Rumahan Penghasil Cuan

KULINER-475 hit

Penulis: silvy rahmawati | Editor: Marjeni Rokcalva

BERMULA dari kesukaan anaknya terhadap bakso keliling, sepasang suami istri ini menciptakan usaha rumahan yang bisa menghasilkan cuan, uang tambahan bagi biaya hidup keluarganya. Omzetnya, bisa mencapai Rp 1 juta/hari.

Sejak 2017, Aminah (37) dan Jumadi (41) merintis usaha frozen food yang mereka beri nama "Ami Nugget" ini. Lokasinya, di Perumahan Silaing Permai No. 44, Silaing Bawah, Padang Panjang Barat.

Saat merintis usaha ini, mereka mengusung konsep pemasaran dari pintu ke pintu, kantor ke kantor, teman-teman dan keluarga saja. Setelah itu, Ami dan Jum mulai menjual produknya melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram. Kepada para pelanggan, mereka menawarkan berbagai varian nugget. Di antaranya nugget ayam, nugget ayam wortel, nugget ikan tuna, bakso daging sapi, bakso ayam, bakso ikan tuna, bakso pentol, tahu bakso, crispy burger daging ayam, bumbu kuah bakso.

"Insyaa Allah kami akan launching sosis sebagai tambahan produk Frozen Food "Ami Nugget". Semua produk kami tidak menggunakan MSG dan pengawet. Supaya, produknya sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Frozen Food "Ami Nugget" adalah produk asli dari Padang Panjang," ucap Ami.

Diceritakan Ami mereka terus menggembangkan usaha rumahan ini lantaran memiliki prospek yang baik ke depannya. "Daripada bergantung pekerjaan kepada orang lain, lebih baik punya usaha sendiri," sebut Ami yang mengawali bisnis ini hanya dengan modal Rp 200 ribu saja itu.

Untuk memproduksi, mereka berdua memulainya dari pagi hari sekitar jam 7. Bahan baku dicuci dan digiling di pasar, lalu sekitar jam 9 pagi dilanjutkan dengan proses pencetakan dan merebus atau mengukus olahan. Proses terakhir adalah melakukan packing produk Frozen Food "Ami Nugget".

"Proses produksi kami tangani berdua saja. Sebenarnya, kami membutuhkan karyawan untuk membantu dalam proses produksi, karena terasa kewalahan juga jika sedang banyak pesanan. Namun sampai sekarang belum menemukan karyawan yang cocok untuk membantu kami," ucapnya.

Dalam proses produksi, mereka kadang juga mengalami kendala. Antara lain, bahan baku olahan frozen food terkadang habis atau tidak tersedia. Selain itu, ketika bahan baku menjadi mahal, mereka tidak bisa menaikkan harga demi menjaga pelanggan.

"Pelanggan kami selain ada di Padang Panjang dan sekitarnya, juga ada di Batusangkar, Jakarta, Bandung, Batam dan berbagai daerah lainnya yang berada di Indonesia. Kepada mereka kami mengusahakan kepuasan pelanggan dengan melakukan pelayanan yang ramah, memberikan bonus, mempertahankan rasa dan kualitas produk Ami Nugget. Dan, tetap menggunakan bahan-bahan yang baik dan tidak menggunakan MSG di setiap produk olahan frozen food kami," terangnya.

Ami dan Jum membagikan kiat suksesnya dalam menjalani usaha ini. "Yaitu, dengan selalu berdoa, berbagi rezeki, jangan pernah putus asa, semangat, dan apapun masalahnya, hadapi dengan tenang dan focus," ucapnya. (silvy rahmawati)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru