Meski Harus Naik Sepeda Motor dan Jalan Kaki, Karena Kondisi Jalan Memprihatinkan

POLITIK-1095 hit

Penulis: Medio Agusta

Padang Aro - Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi PKS, H. Nurfirmanwansyah. A. Pt. MM harus siap menaiki kendaraan roda dua untuk menjumpai warga masyarakat yang Jorong Sungai Siriah Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu, Kamis (3/3/2022).

Bahkan saat sampai dilokasi, cuaca lansung berubah dari sebelumnya panas, tiba-tiba hujan. Sehingga saat pulang usai acara, H. Nurfirmanwansyah harus jalan kaki lebih kurang 1 KM, karena medan jalan sudah diguyur hujan dan menyebabkan jalan licin.

Kunjungan kerja atau kegiatan menjemput aspirasi masyarakat yang dilakukan H. Nurfirmanwansyah ke Jorong Jolok Sungai Siriah harus dengan naik sepeda motor di karenakan jalan menuju ke lokasi pertemuan di Masjid Nurul Yaqin Jorong Jolok Sungai Siriah tersebut masih jalan tanah lebih kurang 1,5 KM dari 2 KM sejak as jalan raya Muara Labuh-Padang Aro, Kabupaten Solsel.

Ikut mendampingi kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi PKS tersebut, Plt. Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Afrimon, Sekna, Tabrani, Ketua TP-PKK Nagari, Ny. Yulhasni Afrimon, Anggota LPMN, Perangkat Nagari, dan tokoh masyarakat.

Saat pertemuan, Pj. Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Afrimon, merasa bangsa dan berucap syukur atas kesediaan Anggota DPRD Provinsi Sumbar, H. Nurfirmanwansyah mau berkunjung ke daerah sulit dan penuh tantangan menuju Jorong Jolok Sungai Siriah Nagari Pulakek Koto Baru itu.

" Sebagai pemimpin di nagari ini, saya sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di daerah yang ada Jorong Jolok Sungai Siriah. Padahal daerah tersebut sangat banyak potensi sumber daya alam yang menjadi sumber perekonomian masyarakat," jelasnya.

Diwilayah Jorong Jolok Sungai Siriah ini, tidak saja menjadi sumber perekonomian masyarakat yang ada di jorong ini, akan tetapi juga sumber usaha bagi masyarakat yang tinggal di Pulakek, Mato Aia dan daerah lainnya.

Maka dari itu, dengan adanya akses jalan yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat, maka akan lebih mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Apalagi daerah tersebut sangat terkenal dengan jenis sayur ' sitapu ', serta potensi tanaman hortikultura serta tanaman lainnya, yang menjadi sumber ekonomi masyarakat, pungkas, " Afrimon.

Sementara itu, Wali Jorong setempat, Marijon maupun anggota LPMN Pulakek Koto Baru, Zulfitri sangat berharap dukungan dari Anggota DPRD Provinsi H. Nurfirmanwansyah membantu mendukung berbagai penunjang kehidupan dan perekonomian masyarakat setempat.

Tercatat beberapa usulan yang disampaikan antara lain, masalah pembangunan atau pengecoran badan jalan sepanjang 1,5 KM, pembangunan MCK masjid, Listrik dari PLN serta usulan berbagai bibit pertanian lainnya.

Menurut mereka, penderitaan yang mereka rasakan bukan karena susahnya penghidupan, akan tetapi susahnya mereka, kadang kala menangis jika melihat anak-anak mereka ketika pergi sekolah setiap pagi harus berjalan kaki dan kadang harus jalan ekor, jika jalan tanah sudah diguyur hujan.

Dari jumlah penduduk yang menetap di Jorong tersebut sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) sebanyak 25 orang anak-anak disana, mulai dari TK hingga SMA harus berjuang melewati jalan sepanjang 1,5 KM setiap pergi sekolah, terutama jika hari hujan, " pungkas Wali Joring Jolok Sungai Siriah dan Anggota LPMN tersebut.

Menyikapi keluhan masyarakat tersebut, H. Nurfirmanwansyah akan membantu penyediaan MCK untuk masjid. Selain itu, masalah penyediaan bibit tanaman untuk pertanian juga akan dibantu, apalagi beliu juga sebagai Anggota DPRD Provisi dari Komisi II yang juga membidangi masalah pertanian, kelautan dan lainnya.

Masalah pembangunan jalan yang sangat membutuhkan dana besar, Nurfirmanwansyah belum bisa menjanjikan, apalagi dirinya baru saja melakukan reses pada bulan Pebruari lalu. Jadi semua usulan sudah terakomodir adalah hasil dari reses tersebut.

Meski demikian, Nurfirmanwansyah tetap memotivasi masyarakat setempat untuk mencari cara lain agar akses jalan tanah tersebut bisa berubah menjadi jalan yang sudah di cor semen. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru