70 Tahun Chatib Sulaiman, Usulkan Sebagai Pahlawan Nasional

PENDIDIKAN-253 hit

PADANG PANJANG - Dengan bertemakan Membangun Republik : Terobosan Baru Chatib Sulaiman Melindungi Rakyat dan Berjuang untuk Kemerdekaan Indonesia Pemerintah Kota Padang Panjang gelar Kegiatan Seminar Nasional dan Diskusi Aktual Peringatan 70 Tahun Chatib Sulaiman dan Pengusulan sebagai Pahlawan Nasional di Hotel Aulia, Kamis (12/12).

Seminar tersebut dibuka oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Martoni, S.Sos, M.Si dihadiri oleh Forkopimda, Staf Ahli, Keluarga Besar Chatib Sulaiman, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Pemuda, Ahli Sejarah, dan seniman.

Kegiatan seminar ini menghadirkan narasumber Dr. Muhammad Iskandar, M.Hum dari FIB Universitas Indonesia, Guru Besar Sejarah FIB Unand Prof. Dr. Phil Gusti Asnan, Afni, SH, M.Si Kasubdit Penghargaan dan Tunjangan Kesejahteraan Keluarga Pahlawan dan PK, dan Dr. Siti Fatimah, M.Hum dari Sejarawan Universitas Negeri Padang.

Baca Juga


Dalam sambutannya, Asisten III mengatakan nama Chatib Sulaiman memang sudah tidak asing lagi ditelinga, pasalnya di Sumatera Barat saja nama tersebut digunakan sebagai nama jalan, nama gedung dan lain sebagainya.

"Itu merupakan penghargaan bagi Chatib Sulaiman yang telah berjasa pada zaman dahulu, dan untuk penghargaan selanjutnya, kami Pemerintah Kota Padang Panjang berupaya mengajukan nama beliau untuk terdaftar sebagai pahlawan Nasional," ujarnya.

Maka dari itu, melalui kegiatan seminar yang digagas oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bersama Bappeda ini diharapkan mampu memberikan masukan dan saling berbagagi untuk mengupas serta kilas balik tentang perjuangan yang telah dilakukan oleh Chatib Sulaiman sehingga tercapai hendaknya nama Chatib Sulaiman hadir sebagai Pahlwan Nasional.

Disamping itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Dr. Desmon, M.Pd menambahkan selain untuk mengajukan Chatib Sulaiman sebagai Pahlawan Nasional, kegiatan ini juga dilakukan untuk melihat dan menanamkan kepada generasi penerus mengenai nilai-nilai juang yang telah dilakukan oleh Chatib Sulaiman selama beliau hidup.

"Kami berharap dapat menumbuhkan kepada generasi muda agar mereka bangga bahwa pada masa dulu ada nenek moyang mereka yang telah berjasa," ungkapnya.

Begitupun dengan slaah seorang anak dari Chatib Sulaiman Sudarman Chatib Datuak Barbanso, beliau mengucapkan terimakasih atas perhatiannya terhadap pejuang Chatib Sulaiman.

"Besar harapan kami semoga, pejuang Chatib Sulaiman bisa terdaftar dalam nama Pahlawan Nasional," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul hadir mengikuti seminar tersebut. (Relkom/cg/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru