Pemanfaatan Strategi Omnichannel untuk Pemasaran Bisnis Anda

TEKNO-611 hit

Penulis: *** | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG -Sudah sangat banyak orang yang memanfaatkan strategi omnichannel untuk pemasaran bisnisnya masing-masing. Dimana strategi marketing omnichannel ini menjadi sistem yang memungkinkan pembeli untuk menggunakan lebih dari satu channel penjualan. Lalu, seperti apa pemanfaatan dari strategi ini untuk pemasaran bisnis? Inilah ulasan selengkapnya.

Apa Itu Omnichannel dan Pemanfaatannya

Asal kata omnichannel adalah omnis yang artinya universal, dan channel artinya saluran komunikasi. Sehingga saat digabungkan menjadi saluran komunikasi yang bersifat universal dengan menggabungkan beberapa saluran komunikasi dalam satu bentuk antarmuka. Ketika menggunakan strategi ini, maka pembeli bisa memanfaatkan lebih dari satu channel atau saluran penjualan milik Anda.

Baca Juga


Misalnya, awalnya pembeli akan melihat gambaran produk di media sosial yaitu, instagram toko Anda. Selanjutnya mereka akan menuju e-commerce untuk menambahkan produk tersebut ke keranjang mereka yang kemudian mereka akan membelinya. Dari contoh ini, berarti konsumen sudah menggunakan saluran media sosial dan e-commerce.

Selain media pemasaran yang dapat terigerasi ke omnichannel tersebut yaitu website. Website biasanya akan bekerja secara terintegrasi dengan saluran atau channel lain seperti media sosial dan e-commerce. Dari kombinasi inilah bisa diperoleh pemasaran yang jauh lebih efektif menarik pelanggan.

Namun sebelumnya, pastikan dulu bahwa website Anda gunakan sudah memiliki hosting dan domain terbaik. Nah, jika belum Anda bisa: beli hosting dan domain kualitas unggulan dengan harga terjangkau di Niagahoster.

Manfaat Menggunakan Omnichannel dalam Pemasaran Bisnis

Berbicara tentang manfaatnya, maka cukup banyak manfaat yang bisa dirasakan saat menerapkan strategi ini. Berikut beberapa manfaat strategi omnichannel untuk pemasaran bisnis Anda:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat yang pertama adalah bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat strategi ini diterapkan, maka jaringan bisnis akan saling terintegrasi satu sama lainnya. Sehingga orang-orang pun dapat menghubungi berbagai saluran. Hal ini pastinya akan membuat pelanggan merasa cukup puas akan pelayanan yang diberikan. Maka mereka merasa bisa memakai berbagai saluran untuk menanyakan sesuatu terkait produk bisnis.

2. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Manfaat lain dari penggunaan Omnichannel adalah hasil penjualan yang terus meningkat. Hal ini disebabkan karena penerapan strategi seperti ini pasti memperluas target pemasaran dari bisnis yang Anda miliki. Apabila target pemasarannya semakin luas, maka pelanggan yang mengenal bisnis pun akan semakin banyak. Tentu hal ini akan memberikan efek bagus bagi penjualan bisnis. Penjualan bisnis pun terus mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah pelanggan yang terjadi.

3. Data Collection Berubah Jadi Lebih Baik

Adanya omnichannel pun memungkinkan Anda untuk melakukan pengumpulan data dari berbagai saluran. Kemudian datanya sudah terintegrasi antar saluran jadi bisa saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Hal ini penting sekali untuk proses analisis strategi bisnis kedepannya. Jika data collection bagus, maka Anda pun bisa memahami bagaimanakah perilaku pelanggan.jadi bisa memperkirakan perencanaan kedepan yang dapat diterapkan guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Loyalitas Pelanggan Meningkat

Kemudian manfaat terakhir yang didapatkan dengan omnichannel yaitu adanya peningkatan loyalitas pelanggan bisnis. Saat pelanggan merasa kalau bisnis yang dimilikinya sangat professional. Sebab omnichannel tersebut mampu membuat pelanggan semakin percaya dan juga merasakan kenyamanan agar terus menggunakan produk bisnis.

Nah itulah pemanfaatan sekaligus manfaat dari strategi Omnichannel untuk bisnis. Apakah Anda sudah merasakan manfaat dari strategi omnichannel untuk pemasaran bisnis? Jika belum, maka segeralah untuk menghubungi penyedia layanan hosting untuk melakukan pemesanan layanan hosting terkait. (***)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru