Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Bakal Seragamkan Lapak PKL di Pantai Carocok

PARIWISATA-1024 hit

Penulis: RND/Je | Editor: Marjeni Rokcalva

PAINAN - Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Mimi Riarty Zainul, menjelaskan, lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) Pantai Carocok Painan yang sebelumnya direlokasi akandiseragamkan.

Beliau mengatakan, tenda-tenda lapak para PKL di kawasan wisata Pantai Carocok akan dibuat satu warna supayaterlihat indah dipandang mata. Kemudian, ukuran lapak tiap PKL juga diatur, dan disusun secara rapi di setengah kawasan parkir yang kini menjadi area PKL.

"Rencananya, kita akan menyeragamkanlapak para PKL ini. Nanti tenda-tenda berdagang mereka kita ganti dengan satu warna saja, supaya lebih indah dipandang mata," jelas Mimi, Minggu (16/1).

Mimi meminta agar semua PKL yang sudah direlokasi oleh anggota Satpol PP dan Damkar dapat bertahan di kawasan relokasi. PKL tidak boleh lagi menempati kawasan terlarang yang dapat mengurangi nilai keindahan objek wisata.

Menurutnya, pihaknya bersama dinas terkait seperti Dinas Pariwisata, Perhubungan dan Satpol PP dan Damkar juga sudah turun ke lokasi memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Kata dia, para pengunjung yang datang tetap akan melewati area pedagang karena mobil-mobil wisatawan yang masuk terlebih dulu memasuki kawasan parkir.

"Jadi, setengah area parkir kan dipakai PKL, separuh lagi untuk parkir kendaraan. Nah, mereka yang datang pasti akan melintasi area pedagang," ulasnya.

Untuk itu, pedagang diharapkan dapat memaklumi kebijakan yang dibuat Pemerintah Daerah karena pada akhirnya memiliki tujuan yang baik dalam rangka menata kawasan objek wisata lebih indah.

Sebelumnya, sekitar 69 PKL sudah direlokasi. Mereka dipindahkan karena menempati titik-titik yang tidak diperbolehkan. Selain itu, banyak pedagang yang berdagang secara tidak teratur dan semrautan. (RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru