Kanwil Kemenkumham Sumbar Gelar Vaksin Booster Perdana di Rutan Padang Panjang

KESEHATAN-137 hit

PADANG PANJANG - Untuk pertama kalinya, jajaran Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Padang Panjang gelar pelaksanaan vaksin Booster.

Kegiatan launching Vaksin Covid-19 Dosis Booster di Rutan Padang Panjang yang dilaksanakan Rabu (12/1/2022) tersebut dihadiri langsung Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat, R. Andhika.

Kepala Rutan Padang Panjang Rudi Kristiawan mengungkapkan, sesuai arahan Presiden Jokowi, sudah bisa melaksanakan vaksinasi booster bagi masyarakat.

Baca Juga


"Hari ini kita laksanakan vaksinasi booster warga binaan, petugas, dan masyarakat umum," ujar Rudi.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga menyebutkan syarat agar bisa menjalani vaksinasi booster, diantaranya memiliki syarat rentang waktu dosis ke 2 sudah melewati 6 bulan ke atas

Rudi mengatakan sasaran target Vaksinasi sebanyak 120 orang tetapi yang berhasil divaksin hanya 100 orang.

"Kita menargetkan 120 orang untuk vaksinasi booster, terdiri dari 73 warga binaan pemasyarakatan biasa, 2 warga binaan lansia, 18 Pegawai, 7 masyarakat umum dan yang di tunda vaksinnya sebanyak 20 orang," kata Rudi Kristiawan.

Ia mengatakan penundaan vaksinasi bosster itu disebabkan tidak memenuhi syarat untuk divaksin disebabkan tensi tinggi. Kegiatan terlaksana sebut Rudi Kristiawan berkat kerja sama antara Dinkes Kota Padang Panjang dan Rutan Padang Panjang.

Sementara vaksin yang digunakan jenis Moderna dan Pfizer. Semua orang yang divaksin dalam keadaan sehat dan tidak ada efek samping yang berarti.

Rudi Kristiawan juga mengimbau warga binaan tetap disiplin protokol kesehatan meski sudah melakukan vaksinasi lengkap dan booster.

"Mudah-mudahan kegiatan vaksinasi booster ini bisa memperkuat imun tubuh dan mencegah masyarakat terpapar virus Covid-19 yang masih melanda," tutup Rudi Kristiawan.

Kakaknwil Kemenkumham Provinsi Sumbar, R .Andhika mengapresiasi Rutan Padang Panjang yang sudah melaksanakan vaksin Covid-19 dosis Boster.

"Ini adalah pelaksanaan perdana dijajaran Kemenkumham Provinsi Sumbar untuk vaksin covid-19 dosis Boster ini. Diharapkan ke depan, kegiatan yang sama akan dapat diikuti oleh rutan maupun lembaga pemasayarakat yang ada di Sumbar," harap R. Andhika.

"Dengan adanya pelaksanaan vaksin Covid-19 dosis Boster ini, diharapkan masalah persoalan pendemi covid-19 akan dapat menjadi endemi. Sehingga masyarakat tinggal membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan," demikian R. Andhika. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru