Produk UMKM Kota Solok Siap Bersaing di Tahun 2022

EKONOMI-583 hit

Penulis: zultan | Editor: Marjeni Rokcalva

SOLOK -

Produk Kota Solok siap bersaing dengan produk daerah lainnya di Sumatera Barat, masalah mutu jangan diragukan tinggal lagi memasyarakatkan, hendaknya warga Solok ikut bangga terutama hasil pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Hal itu dikatakan Wali Kota Solok Zul Elfian Umar dalam sambutan ketika membuka Sosialisasi Gerakan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN) sekaligus Launching Aplikasi e-UMKM ManJua di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (01/12/21).

Ia menjelaskan, Kota Solok sudah cukup banyak hasil UMKM yang bermutu dan bernilai jual baik, seperti Bunga krisan asli Payo Solok sudah diakui dan digunakan oleh masyarakat juga daerah tetangga lainnya.

Juga Kopi Payo, Batik Solok, Bordir Solok, Songket Solok juga sudah siap bersaing karena kualitas produknya sudah semakin baik, bahkan hasil tetunan tangan terampil pelaku UMKM sudah banyak pesanan dan dipakai ASN di Kota Solok,"ujar Zul Elfian.

Bukan itu saja," lanjut Walikota produk makanan Rendang Kota Solok yang merupakan masakan terlezat di dunia, dimana diakui Rendang terlezat di Provinsi Sumatera Barat hadil masakan Rang Kota Solok. ,"Secara Otomatis, rendang terlezat di dunia merupakan rendang dari Kota Solok,"tukuk Zul Elfian.

Kedepan, UMKM harus terus bergerak guna memajukan ekonomi Indonesia. Produk-produk kita dipakai oleh orang luar negeri, namun kita lebih suka memakai produk luar negeri.

Hendaknya bangga memakai "Buatan Indonesia' dan harus dimasyarakatkan dengan memulainya dari diri sendiri. " Kita tidak bisa dengan berjalan saja, kita harus berlari guna memajukan pelaku usaha dan UMKM Kota Solok. mari kita bersama-sama berkreasi, berinovasi dan berkolaborasi,"tutur Walikota.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, Zulferi melaporkan, tujuan kegiatan ini guna mendorong masyarakat agar lebih mau untuk menggunakan produk dalam negeri daripada produk impor. Salah satu caranya dengan mewajibkan seluruh instansi pemerintah menggunakan produksi dalam negeri.

Kegiatan diikuti oleh aparatur pemerintahan Kota Solok dan para pelaku usaha di Kota Solok yang sekaligus dapat mempromosikan hasil produknya.

Acara juga menampilkan Pameran Produk Produk hasil karya pelaku UMKM Kota Solok yang dihadiri Forkopimda Kota Solok, Ketua Dekranasda Kota Solok Ny.Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Ketua GOW Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra.(zultan)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru