Refleksi Kegiatan Rutan Kelas IIB Muara Labuh 2021, Begini pemaparan Sarwono.

Penulis: Medio Agusta

Padang Aro, Menjadikan lingkungan kerja yang nyaman dengan tetap menerapkan kedisiplinan adalah bagian dari upaya yang dibangun oleh Pegawai dilingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Muara Labuh.

Artinya, jajaran Rutan dibawah kepemimpinan Sarwono terus bertekad sebagai satuan kerja pemerintah yang terus berupaya dalam pembangunan zona integritas sebagai upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan melayani,

Hal tersebut tentu bagian dari tekad 23 orang pegawai Rutan yang terbagi sebanyak 11 orang pada posisi regu pengamanan, 4 orang struktural dan 8 orang di posisi administrasi.

" Kita berupaya terus, dan tetap komitmen sebagai insan pengayoman agar mengetahui bagaimana berprilaku kolektif terhadap berbagai aturan yang ada, " jelas Sarwono, SH. M. Si. Jumat (31/12/2021).

Hal ini pula yang telah kami laksanakan sepanjang tahun 2021, dan sekaligus sebagai bagian dari evaluasi untuk menuju perbaikan pada tahun 2022 nanti.

Melirik kegiatan pada lalu ini atau refleksi kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2021, Rutan Kelas IIB Muara Labuh mencatat sederetan penghargaan dan prestasi.

Antara lain, memperoleh sertifikat sanitasi lingkungan yang layak dan layanan makanan laik higine dari Pemda Kabupaten Solok Selatan, serta sertifikat Surat Pencatatan Hak Cipta Inovasi Layanan dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkum & Ham Repuplik Indonesia.

Bahkan yang tidak kala penting, Rutan Kelas IIB yang terletak di Muara Labuh tersebut juga meraih penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Kementerian Hukum dan Ham RI, dan Mendapat Apresiasi dari Dirjenpas sehingga Vidio Sidak Hunian WBP menuju Kemerdekaan pada bulan Agustus lalu layak tampil dalam program 76 jam menuju kemerdekaan RI.

Terakhir, pada peringatan Hari Dharma Karya Dhika, Kepala Rutan Sarwono juga mampu menyabet juara 3 Nasional pada kejuaraan menembak yang dilaksanakan Kemenkumham RI.

Sementara itu kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan pada tahun 2021 antara lain, pembinaan kepribadian setiap hari kamis dan jumat, razia kamar dan blok hunian, penyemprotan disinfektan, dan layanan pemeriksaan kesehatan WBP, jelas Sarwono yang didampingi Kepala Pengamanan Rutan, Frista Wilza dan Kasubsi Pengelolaan Rutan, Yovie, SH.

Hebatnya, WBP di Rutan yang berjumlah sebanyak 70 orang di Rutan itu, juga dibekali dengan ilmu keagamaan setiap hari selasa dan hari kamis. Dimana para WBP dibekali dengan ilmu mengaji, menyelenggarakan shalad lima waktu hingga pembelajaran penyelenggaraan jenazah.

Sedangkan kegiatan lain yang telah terlaksana sepanjang tahun 2021, diantaranta Asimilasi Perkemkumham nomor 32 tahun 2020, pengukuhan Tim Satuan Operasional Kebutuhan Internal (Satops Patnal), pembentukan Zona Integritas menuju WBK, serta pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dan pelaksanaan Program Layanan Kunjungan Virtual, " jelasnya.

Dalam penanganan penyebaran virus covid-19, baik untuk pegawai maupun bagi WBP, Sarwono yang didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Ruzdynal menegaskan bahwa semuanya sudah tervaksinasi.

Dari 23 orang pegawai, hanya tiga orang yang ditunda vaksinasinya, karena faktor komorbid. Sedangkan dari 36 orang tahanan dan 37 orang narapidana, hanya tujuh orang yang tertunda vaksinnya karena alasan kesehatan.

Artinya, pihak Rutan sangat komitmen untuk mendukung progran penyebaran virus covid-19, baik saat pelaksanaan kegiatan swab covid maupun pelaksanaan vaksin covid-19," tambah Sarwono. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru