Satgas Penanggulangan COVID-19 Payakumbuh Gelar Rapat Koordinasi

KESEHATAN-257 hit

PAYAKUMBUH - Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan virus COVID-19 kota Payakumbuh menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk melakukan evaluasi penanganan covid-19 dan mensukseskan program vaksinasi menjelang akhir tahun 2021.

Rakor tersehut di gelar di Aula Ngalau Indah kantor Wali Kota, Selasa (7/12).

Dalam Rakor Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh itu, telah disepakati, akan dilaksanakan pendataan kembali kepada masyarakat yang belum mengikuti vaksin dan juga pendataan lebih lanjut kepada masyarakat yang sudah vaksin di luar daerah namun tidak terdata di payakumbuh.

Baca Juga


Hal ini dilakukan untuk mendata warga yang belum tervaksin, untuk kemudian diteruskan ke kelurahan agar bisa ditindaklanjuti oleh lurah dan camat.

"Setelah mengevaluasi hasil Gebyar Sumatera Barat Sadar Vaksin yang telah dilaksanakan, capaian Payakumbuh baru 73,12 persen dosis 1 dan 47,84 persen dosis 2. Kita akan kebut capaian hingga 80 persen sampai akhir bulan Desember 2021 agar tetcapai herd immunity. Untuk itu diharapkan agar perangkat kelurahan hingga ke kecamatan kembali mendata masyarakat baik yang belum divaksin dan juga yang telah di vaksin di luar daerah namun belum terdata di Payakumbuh" kata Sekretaris Daerah Rida Ananda didampingi Asisten I Dafrul Pasi dan Kepala Badan Keuangan Daerah Syafwal.

Lebih lanjut Sekdako Payakumbuh Rida Ananda mengatakan, Pada 16 Desember mendatang akan digelar Tausiah dan Tabligh Akbar oleh Ustadz Abdul Somad.

Mengingat tingginya animo masyarakat mengikuti kegiatan tersebut, akan disediakan 4 titik vaksinasi di lokasi acara dan dilakukan pendataan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut dengan pengecekan melalui aplikasi peduli lindungi.

"Pada saat kegiatan Tabligh Akbar tanggal 16 Desember mendatang akan disediakan 4 titik tempat vaksinasi di lokasi acara. Seluruh masyarakat yang datang untuk menonton dipastikan sudah melakukan vaksinasi dengan pengecekan melalui aplikasi peduli lindungi. Bagi yang belum silahkan vaksin dulu di tempat yang disediakan. Ini demi mencegah penyebaran virus corona," Ujar sekda

Terpisah Kadis Kesehatan Payakumbuh melalui Kabid Kesmas dan P3 Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatma Nelly, mengatakan, Capaian Vaksinasi di Kota Payakumbuh per 4 Desember 2021 telah mencapai 73,32 persen dosis 1 dan 47,84 persen dosis 2.

Meski begitu, Pemerintah Kota Payakumbuh terus menggenjot angka target menuju 80 persen hingga akhir Desember 2021 mendatang,ujarnya.

Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 karena dikhawatirkan adanya aktifitas mobilitas orang-orang pada saat liburan natal dan tahun baru. Ditambah, adanya varian Covid-19 delta plus maupun omicron yang dikhawatirkan sudah masuk ke Indonesia, katanya.

"Strategi bersama dengan POLRI-TNI dan Pemko akan menggelar Sumbar Sadar Vaksin setiap hari Sabtu hingga akhir Desember. Ditambah kita juga melaksanakan vaksinasi stasioner di puskesmas dan berapa tempat publik lainnya, serta door to door ke rumah warga yang belum divaksin, dengan tim vaksinator 16 dari puskesmas, 2 dari rumah sakit, dan 3 dari klinik Polres Payakumbuh," tambahnya.

Dijelaskan Fatma Nelly, kebijakan dari Pemerintah Kota untuk tetap menjaga protokol kesehatan tetap dilaksanakan, termasuk aturan yang mengatur kegiatan kerumunan. Ditambah, aktifitas masyarakat yang diprediksi meningkat dalam menyambut natal dan tahun baru berpotensi kepada peningkatan kasus.

"Mari kita sukseskan vaksinasi ini, dosis kedua sama pentingnya dengan dosis pertama, beriringan menjadi tujuan utama kita dalam membentengi diri dari bahaya paparan Covid-19," ajaknys.

Fatma Nelly menghimbau kepada masyarakat agar menyegerakan vaksin, jangan ditunda karena bisa saja varian baru delta plus sudah beregentayangan di Kota Payakumbuh. Pemko juga telah meyediakan aplikasi untuk mendaftar vaksinasi berbasis web di vaksinasi.payakumbuhkota.go.id.

"Mari, kita capai herd immunity sehingga kita semua bisa kuat melawan Covid-19, tetap jaga protokol kesehatan meski sudah divaksin, vaksin aman dan halal," pungkasnya.

( Yus).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru