Tiga Rumah di Jorong Lundang Solsel Dilalap Si Jago Merah Jelang Subuh

PERISTIWA-912 hit

MUARA LABUH - Tiga unit rumah yang dihuni 4 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Lundang, Nagari Pasir Talang Barat, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dilalap si jago merah, Selasa (7/12/2021).

Informasi yang berhasil dihimpun dari warga Lundang, Sap, kejadian kebakaran di sekitar pukul 04.15 WIB berasal dari ledakan kompor gas dari dapur Pini (32) yang kesehariannya pedagang gorengan, dan lontong.

"Kejadian berawal dari satu kompor yang meledak, dan merebak ke kompor lain, sedikitnya ada empat kompor gas yang sedang dipakai pagi itu," jelas Sap.

Baca Juga


"Awalnya kami berusaha untuk memadamkan, namun karena sudah ke empat kompor yang meledak, sehingga upaya penyelamatan nyawa dan harta yang diusahakan, meski Vini (pedagang) terdapat luka bakar, pada tangan dan rambut," tambah Sap.

Sementara Pj. Adriandi, A.Md., didampingi Sekna Robi Agusdiantoni, S.E., Kepala Jorong Lundang, Firman, menambahkan, sedikitnya rumah yang terbakar 3 unit dari Empat KK pemiliknya.

Artinya satu unit rumah kayu asal api, sudah disekat jadi tiga dan didiami oleh dua KK penghuninya, atas nama Sri Yunita, dan Khori Wijaya. Ditambah satu unit rumah permanen disebelahnya atas nama Farida, dan satu unit rumah semi permanen lainnya atas nama Erma Yuda.

Adapun tafsiran kerugian akibat kebaran tersebut lebih kurang Rp. 450 juta. Selain kebakaran tiga unit rumah, Vini Puspita Sari yang berjualan, juga terkena sembaran api dan terbakar dibagian tangan sebelah kanan dan sebagian rambutnya.

Selain itu turut terbakat satu gerobak usaha dagangan atas nama Devit Al Candra, serta kerusakan pada dua rumah lainnya di sekitar kejadian.

"Saat ini, pihak kita sedang mendata awal, kerugian akibat kebakaran tersebut untuk dilaporkan ke pimpinan," jelas Adriandi.

Kebakaran dapat dibantu cepat oleh tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Solsel, hingga tidak merebak ke rumah lain yang posisinya sangat rapat dengan rumah kebakaran.

"Musibah kebakaran tersebut dibantu tim pemadam kebakaran dari tiga pos pemadam kebakaran, diantara dari Pos Pemadam Sangir, Lubuk Malako, dan Pos Pemadaman Muara Labuh," jelas Kabid Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Solsel, Arnonsyah, S.T., didampingi Kasi Sarana dan Prasarana, Bidang Damkar, Paijul di lokasi kejadian.

"Informasi diterima sekitar pukul 04.30 WIB, dan tim dari tiga pos pemadam langsung menuju lokasi kejadian," tambah Arnonsyah.

"Saat tim yang berjumlah sebanyak 18 orang itu datang, api sudah sangat besar, dan mereka berupaya untuk mengantisipasi api agar jangan merebak ke rumah lain yang berdekatan dengan rumah yang terbakar," demikian Arnonsyah.

Sementara BPBD Kabupaten Solsel, Kasi Logistik BPBD, Fauzan Almahmudi, sudah lansung turun ke lokasi untuk dan menunggu hasil penghitungan kerugian. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru