Pertama di Sumbar, Nagari Kapau Capaian Target Vaksinasinya Telah 100 Persen

KESEHATAN-890 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

KAPAU - Nagari Kapau dalam Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, merupakan Nagari pertama di Provinsi Sumatera Barat, yang telah berhasil mencapai taget 100% persen pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis satu melalui Sumdarsin, dari 2.889 sasaran.

Menurut Wali Nagari Kapau, Zulkarnaini mengatakan, untuk vaksinasi dosis II di nagari itu baru mencapai sekitar 75%, ia berupaya capaian 100% bisa diwujudkan sampsmsi akhir Desember 2021 ini.

Untuk mewujudkan capaian target 100 persen dosis 2 itu, "Kita akan terus gelar vaksinasi ini melalui program Sumdarsin, maupun door to door, agar sasaran vaksinasi betul-betul sudah divaksin baik dosis I maupun dosis II,"ujar Zulkarnaini.

Baca Juga


Walinagari mengucapkan terima kasih kepada para tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, Bundo kandung, Ninik mamak, alim ulama serta seluruh masyarakat Nagari Kapau, atas partisipasinya dalam mensukseskan pelaksanaan Sumdarsin ini.

Atas keberhasilan iyu, Nagari dan Puskesmas Kapau diganjar penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, Polres Bukittinggi dan Kodim 0304 Agam.

Penghargaan itu, telah diserahkan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, Kamis (25/11/2021) lalu bersama Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara dan perwakilan Dandim 0304 Agam, ysng diterima langsung Wali Nagari Kapau Zulkarnaini, dan

Kepala Puskesmas Kapau dr. Titi Mayerniwira.

Untuk itu,Wali Nagari Kapau Zulkarnaini sangat mengapresiasi atas pemberian piagam penghargaan ini, dan merupakan motivasi kepada seluruh stake holder yang ada mulai dari Bhabin, Babinsa, Wali Jorong, katanya.

Sementara Bupati Kabupaten Agam,Dr. H. Andri Warman, menyampaikan, terimakasih pada nagari dan Puskesmas Kapau atas capaian vaksinasi ini, semoga nagari lain juga menyusul,ujarnya.

Keberhasil Nagari Kapau mencapai target sasaran Vaksinasinya 100 persen, Tentu, tidak lepas dari peran Polri dan TNI, dalam mengajak dan memberikan pemahaman kepada warga betapa pentingnya vaksinasi ini di tengah pandemi Covid-19.

Lebih janjut Bupati mengatakan, Meski kasus baru di Agam sudah nol, namun ia berkomitmen vaksinasi tetap digencarkan, karena ini upaya dalam melindungi diri dari gempuran Covid-19 yang masih mengancam.

Dalam peningkatan capaian vaksinasi ini, ujarnya, hampir setiap nagari di Kabupaten Agam melaksanakan vaksinasi covid-19 berkolaborasi dengan Polsek dan Koramil.

"Vaksinasi ini terus kita laksanakan agar Herd Immunity betul-betul terbentuk di tengah masyarakat," tukas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara menyadari, dalam pelaksanaan vaksinasi memang banyak kendala dihadapi, tapi Nagari Kapau mampu melewatinya hingga mencapai 100 persen.

Bahkan, menurutnya, Kapau nagari pertama di Sumbar yang capaian vaksinasinya 100 persen untuk dosis I.

"Ini sudah kita tanya ke Kapolres lain dan belum ada yang mencapai 100 persen, hanya baru 90%-an. Ini menandakan warga Agam tidak anti vaksin," jelasnya.

Dikatakannya, yang anti vaksin itu adalah orang takut jarum suntik, sehingga mereka menyebar berita bohong agar warga juga tidak mau divaksin, ungkap Kapolres.

( Yus).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru